Wajib 12 Emas demi Masuk 10 Besar Asian Games

Wajib 12 Emas demi Masuk 10 Besar Asian Games
Countdown Asian Games 2018. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Yuni Poerwanti mengatakan, pihaknya akan mengawasi pelatnas Asian Games 2018.

Saat ini, pelatnas jelang multievent empat tahunan itu diserahkan ke masing-masing induk organisasi olahraga (PB/PP).

Hal ini terkait dengan pembubaran Program Indonesia Emas (Prima) dan target Indonesia masuk dalam peringkat sepuluh besar pada Asian Games 2018.

"Pelaksanaan pelatnas memang sepenuhnya diserahkan kepada PB/PP setelah Prima dibubarkan. Namun, Kemenpora akan tetap melakukan pengawasan sehingga prestasi yang ditargetkan bisa tercapai," kata Yuni dalam acara pelatihan Sport Journalist menuju Sukses Prestasi pada Asian Games 2018 di Hotel Pitagiri Jakarta, Rabu (25/10).

Penyerahan pembinaan prestasi atlet sepenuhnya kepada PB/PP dan dihapusnya peran Prima sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2017 Tentang Peningkatan Prestasi Olahraga.

"Kehadiran Perpres ini menjadikan PB/PP sebagai ujung tombak pembinaan. Mereka dituntut lebih mandiri dalam pembinaan atlet menuju prestasi puncak," ujarnya.

Pihaknya sudah mendapatkan masukan adanya peluang Indonesia meraih 12 medali emas.

Medali emas tersebut berasal dari bulutangkis sebanyak dua buah, bridge (2), kano (1), jet ski (2), paragliding (2), wushu (1), panjat tebing, dan taekwondo.

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Yuni Poerwanti mengatakan, pihaknya akan mengawasi pelatnas Asian Games 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News