Wakil Ketua MPR Minta Hasil Evaluasi Satgas Covid-19 Jangan Diabaikan

Wakil Ketua MPR Minta Hasil Evaluasi Satgas Covid-19 Jangan Diabaikan
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendorong pengawasan terhadap perilaku masyarakat di ruang publik harus konsisten dilakukan agar protokol kesehatan (prokes) tidak diabaikan.

"Hasil evaluasi yang dilakukan Satgas Covid-19 terhadap perilaku masyarakat dalam berkegiatan di ruang publik harus ditindaklanjuti dengan konsisten agar disiplin menjalankan norma baru di ruang publik terus terjaga," kata Mbak Rerie, sapaan akrab Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/10).

Dia menyampaikan berdasarkan pantauan Satgas Covid-19 pada rentang waktu 4-10 Oktober terdapat 73 dari 368 kabupaten dan kota memiliki tingkat kepatuhan memakai masker kurang dari 75 persen.

Selain itu, masih terdapat 78 kabupaten dan kota yang memiliki tingkat kepatuhan menjaga jarak kurang dari 75 persen.

Menurutnya, hasil-hasil evaluasi terhadap perkembangan perilaku masyarakat di ruang publik harus menjadi perhatian para pemangku kepentingan untuk membentuk norma-norma baru dalam berkegiatan di ruang publik.

Mbak Rerie berharap para pemangku kepentingan di daerah mampu mendukung warganya dalam proses perubahan perilaku menuju pembentukan norma baru dalam berkegiatan.

Dia menegaskan kepatuhan menjalankan Prokes dan konsistensi dalam tracing dan testing menjadi penting dalam menghadapi sejumlah potensi peningkatan kembali penyebaran virus Corona.

"Sanksi terhadap pelanggaran juga harus diterapkan secara tepat agar publik terus berlatih untuk selalu mematuhi aturan yang berlaku di masa pandemi ini," pungkasnya. (mrk/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta agar hasil evaluasi Satgas Covid-19 harus ditindaklanjuti.


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News