Wako Bukittinggi: Pasar Bawah Diduga Sengaja Dibakar

Wako Bukittinggi: Pasar Bawah Diduga Sengaja Dibakar
Puing bangunan bekas kebakaran kali ketiga yang terjadi di Pasar Bawah Kota Bukittinggi pada Rabu (24/11) sekitar pukul 00:45 WIB dini hari. FOTO: ANTARA/Alfatah

jpnn.com, BUKITTINGGI - Wali Kota (Wako) Bukittinggi Erman Safar menyebut Pasar Bawah diduga sengaja dibakar oleh orang tak dikenal pada Rabu dini hari sekitar pukul 00.45 WIB.

Erman mengatakan pihak kepolisian mengamankan terduga orang yang terlibat dalam kasus kebakaran ini dengan barang bukti bahan bakar yang didapat dari tangannya.

"Kebakaran tadi malam, polisi sudah mengamankan satu orang yang diduga ada kaitannya, masih diduga, juga diamankan BBM jenis Pertalite dan minyak tanah, perkembangannya akan disampaikan," kata dia.

Wako mengatakan kekecewaannya dan mengutuk atas tindakan tidak terpuji yang dilakukan pelaku jika benar Pasar Bawah sengaja dibakar.

"Sangat kecewa dan mengutuk atas aksi pembakaran yang disengaja ini jika nanti terbukti, korban adalah saudara-saudara kita yang berdagang untuk bertahan hidup sehari-hari," kata Erman Safar.

Menurutnya, Pasar Bawah Bukittinggi yang menghanguskan 25 petak kios itu dicurigai dibakar oleh orang atau pihak tidak bertanggung jawab karena api berasal dari tiga titik yang terbakar hampir bersamaan.

Dia menyebut akan melakukan langkah antisipasi untuk keamanan seluruh pasar yang ada di Bukittinggi untuk masa berikutnya.

"Karena sudah beruntun, kita akan lakukan strategi baru mengamankan pasar di Bukittinggi, harus ada langkah antisipasi musibah ini baik karena kelalaian atau pihak tidak bertanggung jawab," kata Wako.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menyebut Pasar Bawah diduga sengaja dibakar oleh orang tak dikenal pada Rabu dini hari sekitar pukul 00.45 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News