Wali Kota Tumbang, Ketua Dewan Bunuh Diri dengan Cara Mengerikan

Wali Kota Tumbang, Ketua Dewan Bunuh Diri dengan Cara Mengerikan
Pendukung kandidat dari Partai Kuomintang menangis, setelah kekalahan pada pemilihan beberapa waktu lalu. Foto: ANTARA/REUTERS/ANN WANG/TM

jpnn.com, KAOHSIUNG - Ketua dewan Kota Kaohsiung Taiwan Hsu Kun-yuan (63) bunuh diri dengan cara yang mengerikan, Sabtu (6/6) malam, atau setelah wali kota yang ia puja lengser dari jabatan melalui pemungutan suara oleh rakyat.

Pihak kepolisian menyebut Hsu melompat dari apartemennya hingga meninggal dunia, beberapa jam setelah pengumuman kekalahan Wali Kota Kaohsiung, Han Kuo-yu, dalam pemungutan suara.

Kasus itu masih diselidiki lebih lanjut.

Baik Hsu maupun Han berasal dari partai oposisi Kuomintang, yang menjalin hubungan dekat dengan pemerintah Tiongkok.

Hsu adalah pendukung kuat Han.

Han sendiri menuduh partai berkuasa, Partai Progresif Demokratik, membuat citra dirinya buruk untuk melengserkan dia dari jabatan wali kota.

Dia juga sempat menjadi kandidat pemimpin Taiwan dari Partai Kuomintang dan dikalahkan oleh Tsai Ing-wen dalam pemilihan pemimpin pada Januari.

Pemungutan suara untuk melengserkan Han dilakukan atas ketegangan yang berlanjut antara Taiwan dengan China, yang menganggap Taiwan merupakan bagian dari negaranya yang dapat diambil alih jika diperlukan.

Ketua Dewan dan Wali Kota di Taiwan itu berasal dari partai yang sama, yang menjalin hubungan dekat dengan Tiongkok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News