Wamenag Zainut: Hari Suci Nyepi Momentum Menguatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Wamenag Zainut: Hari Suci Nyepi Momentum Menguatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Wamenag Zainut Tauhid. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi membuka Tawur Agung Kesanga Hari Suci Nyepi Saka 1944 pada Rabu, 2 Maret 2022 di Plataran Candi Prambanan, Jawa Tengah.

Hari Suci Nyepi tahun ini mengusung tema Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi dalam Moderasi Beragama Menuju Indonesia Tangguh.

Wamenag Zainut Tauhid mengatakan Tat Twam Asi adalah inti moderasi beragama dan menjadi inspirasi untuk saling menghormati, rukun, dan menghargai.

"Perayaan Hari Suci Nyepi harus menjadi momentum bagi umat Hindu untuk menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa," ungkap Wamenag Zainut Tauhid dalam pernyataannya, Rabu (2/3).

Dia meminta perayaan Hari Suci Nyepi jangan hanya berhenti pada tataran ritual, tetapi jadikan sebagai momentum merealisasikan maknanya untuk amal dalam beragama dan berbangsa.

Pada momentum perayaan Hari Suci Nyepi ini, Wamenag Zainut mengajak umat Hindu untuk mengamalkan nilai-nilai moderasi beragama di tengah Tahun Toleransi 2022.

"Mari kita peringati Hari Suci Nyepi ini dengan semangat kesederhanaan, tidak berlebihan, dan tetap mematuhi protokol kesehatan tanpa mengurangimakna dan kehikmatan perayaan Nyepi," pungkasnya. (esy/jpnn)

 

Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi menyatakan Hari Suci Nyepi harus menjadi momentum menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News