Wamendag Sebut Banyak Investor Crypto Asing Tertarik Berbisnis di Indonesia

Wamendag Sebut Banyak Investor Crypto Asing Tertarik Berbisnis di Indonesia
Wamendag Jerry Sambuaga. Foto Humas Kemendag RI

jpnn.com, JAKARTA - Wamendag Jerry Sambuaga mengatakan, Indonesia terbuka dengan usaha di sektor crypto tetapi tetap selektif. Terbuka di sini kata Jerry, membuka kesempatan bagi investor mana pun untuk berinvestasi (kegiatan crypto) di Indonesia

Jerry mengungkapkan, sudah banyak investor baik dari Taiwan, Korea, Amerika Serikat, China dan negara lain yang berminat kegiatan crypto di Indonesia. Pada dasarnya, asal memenuhi kewajiban-kewajiban serta patuh terhadap sistem hukum di Indonesia, semua investor diterima. 

“Silakan semua masuk, tetapi ada batasan-batasan regulasi, kerangka ekonomi, keuangan dan lain-lain yang harus dipenuhi. Investor harus memahami dan ikut batasan-batasan tersebut," kata Jerry, Rabu (7/7).

Sedangkan selektif menurut Wamendag, bahwa ada banyak pertimbangan yang diberikan dalam mengembangkan bisnis crypto. Antara lain kepentingan nasional, perlindungan pelanggan dan juga kepentingan pelaku industri crypto itu sendiri.

“Jadi pertimbangan kami komprehensif. Itu berlaku bukan hanya terhadap investor tetapi juga terhadap jenis crypto dan produk-produk pengembangannya," tandas Jerry.

Beberapa waktu lalu, sekitar 10 investor crypto China menghubungi wamendag untuk menanyakan seputar aturan kegiatan crypto di Indonesia. Acara dilakukan secara virtual dan difasilitasi oleh Asia International Finance Holding ltd. Dalam acara tersebut para investor menanyakan beberapa hal mendasar mengenai sikap pemerintah Indonesia terhadap industri sektor crypto, arah regulasi dan arah pengembangan institusi crypto.

Menurut wamendag, crypto adalah bidang yang terus berkembang dan tidak mungkin dihindari. Baginya, crypto adalah wujud dari transformasi ekonomi dan industri yang merupakan dampak dari perkembangan teknologi. 

Karena itu, kata Jerry, negara harus tanggap mengenali dan mengakomodasi perubahan. Ini untuk menghindari sikap ekstrem seperti sangat tertutup atau bahkan sangat terbuka.

kegiatan crypto di Indonesia menjadi incaran para investor asing di antaranya Amerika, taiwan, Korea, China, dan lainnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News