Wapres Buka-bukaan soal Potensi Zakat yang Bisa Pengaruhi Ekonomi Nasional

Wapres Buka-bukaan soal Potensi Zakat yang Bisa Pengaruhi Ekonomi Nasional
Wakil Presiden Ma'ruf Amin buka-bukaan soal potensi zakat di Indonesia yang cukup besar. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAMBI - Wakil Presiden Ma'ruf Amin buka-bukaan soal potensi zakat di Indonesia yang cukup besar.

Ma'ruf Amin menyebutkan zakat bisa menjadi pilihan instrumen untuk mengurangi ketimpangan perekonomian di Indonesia.

"Zakat, infak, dan sedekah penting sebagai salah satu instrumen menghilangkan kesenjangan karena ekonomi konvensional saat ini belum berhasil menghilangkan ketimpangan. Memang berhasil mendorong pertumbuhan, tapi belum berhasil menghilangkan ketimpangan," kata Ma'ruf di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jambi, Kamis (4/5).

Ma'ruf Amin menyampaikan hal tersebut saat menghadiri pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Jambi.

KDEKS Jambi adalah KDEKS ke-15 yang diresmikan setelah sebelumnya sudah ada di Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Lampung, Kalimantan Selatan, Gorontalo, dan Bengkulu.

"(Ekonomi konvensional) berhasil mendorong pertumbuhan, tetapi tidak berhasil mendorong ketimpangan, melalui instrumen pajak belum bisa berhasil (mengurangi ketimpangan), karena itu melalui zakat, wakaf, infak dan sedekah ini yang saya kira zakat ini sangat kita rasakan," tambahnya.

Menurutnya, para pemilik harta dapat memberikan zakat, wakaf, infak dan sedekahnya, maka ketimpangan dapat dikurangi sedikit demi sedikit.

Oleh karena itu, ia meminta adanya pengembangan industri produk halal.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin buka-bukaan soal potensi zakat di Indonesia yang cukup besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News