Warga Australia Disarankan Tetap Mengenakan Masker Menghadapi Penyebaran Flu di Musim Dingin

Warga Australia Disarankan Tetap Mengenakan Masker Menghadapi Penyebaran Flu di Musim Dingin
Memasuki musim dingin 2022, penyebaran flu terus meningkat di Australia. Pakar kesehatan menyarankan warga masyarakat untuk menggunakan masker di tempat-tempat umum. (Pixabay)

Memasuki musim dingin, penyebaran flu di Australia semakin meningkat dan diperkirakan menjadi salah satu yang terburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Influenza atau lazim disebut sebagai flu menjadi penyakit yang tidak menyenangkan, belum lagi dengan adanya COVID-19 yang masih beredar saat ini, sehingga makin membebani rumah sakit dan layanan kesehatan.

Pakar kesehatan masyarakat menyarankan agar warga mempertimbangkan kembali mengenakan masker di tempat umum demi mengurangi penyebaran influenza dan COVID.

Masker telah menjadi alat penting selama pandemi dalam menghentikan penyebaran virus. Apakah masker bisa digunakan melawan penyebaran flu?

Profesor Gerry FitzGerald dari Universitas Teknologi Queensland menjelaskan, masker memang dapat menawarkan perlindungan dalam mengurangi penyebaran influenza, tapi menjadi lebih efektif jika Anda sudah terinfeksi.

"Masker yang banyak tersedia tidak memberikan banyak perlindungan kepada individu karena bahannya yang ringan," jelasnya kepada ABC News.

"Memang membantu dalam melindungi seseorang yang menderita influenza, " katanya.

"Dengan mengenakan masker, akan mengurangi kemungkinan orang yang terinfeksi menyebarkannya ke orang yang tidak terinfeksi," jelas Prof Gerry.

Memasuki musim dingin, penyebaran flu di Australia semakin meningkat dan diperkirakan menjadi salah satu yang terburuk dalam beberapa tahun terakhir

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News