Warga Jakarta Patut Waspada Malam Ini, Bendung Katulampa Siaga 2

Warga Jakarta Patut Waspada Malam Ini, Bendung Katulampa Siaga 2
Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, mengalami kenaikan tinggi muka air (TMA) hingga mencapai 180 cm. Foto ilustrasi: dokumen JPNN.COM/Ricardo

jpnn.com, BOGOR - Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, yang menampung aliran Sungai Ciliwung mengalami kenaikan tinggi muka air (TMA) hingga mencapai 180 cm.

Kondisi itu membuat bendung itu berstatus siaga dua banjir untuk wilayah Jakarta pada Minggu (14/8) malam.

Menurut Petugas jaga Bendung Katulampa Muhamad Jaenudin mengatakan hujan sedang hingga deras di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor dan kondisi serupa terjadi di wilayah Kota Bogor pada sejak sore hari.

Hal itu membuat arus Sungai Ciliwung cukup tinggi.

"Cukup tinggi malam ini, siaga dua. Warga Jakarta waspada. Cuaca masih hujan gerimis juga di Kota Bogor, (sedangkan) Puncak Bogor masih potensi hujan juga," kata Jaenudin di Bogor.

Jaenudin menyebut status siaga dua di Bendung Katulampa dengan ketinggian 180 cm tercatat pada pukul 19.00 WIB.

Kenaikan mulai terjadi pada sore hari ketika hujan sedang hingga deras mulai mengguyur wilayah hulu Sungai Ciliwung yakni di Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor.

Dia juga menambahkan hujan ringan hingga sedang terjadi di Kota Bogor.

Derasnya aliran Sungai Ciliwung itu akan melintas Jakarta diperkirakan pada malam hari.

Terpisah, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui situs resminya memprediksi cuaca di wilayah Puncak Bogor di Gadog, Cibinong, Kabupaten Bogor hingga wilayah Kota Bogor pada pukul 16.00 WIB hujan sedang hingga lebat.

Hujan deras hingga sedang yang bertahan sejak sore dengan intensitas yang naik turun hingga pukul 19.00 WIB ini, cukup membuat air sungai itu deras hingga TMA mencapai siaga dua banjir Jakarta.

Intensitas hujan sedang ini akan berlanjut hingga pukul 22.00 WIB malam.

Barulah kemudian, cuaca di hulu Ciliwung itu mulai cerah. Hal serupa juga terjadi di wilayah Kota Bogor. BMKG merilis lewat pukul 22.00 WIB kondisi cuaca mulai cerah kembali.

Akan tetapi dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. Jaenudin mengimbau warga sekitar bantaran Sungai Ciliwung agar waspada terhadap potensi banjir tersebut.

"Kalau hujan sedang terus hingga malam bisa saja naik siaga satu banjir Jakarta, di atas 180 cm. Warga bantaran Sungai Ciliwung agar waspada," ujarnya. (antara/jpnn)


Status siaga dua di Bendung Katulampa dengan ketinggian 180 cm tercatat pada pukul 19.00 WIB.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News