Warga Pesisir Jakarta Hati-Hati, Ada Peringatan Banjir Rob

Warga Pesisir Jakarta Hati-Hati, Ada Peringatan Banjir Rob
BPBD DKI Jakarta mengimbau kepada masyarakat untuk waspada potensi banjir pesisir atau rob di wilayah pesisir Jakarta ilustrasi. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau kepada masyarakat untuk waspada potensi banjir pesisir atau rob di wilayah pesisir Jakarta.

Sejumlah wilayah yang berpotensi mengalami rob, yakni Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Kepulauan Seribu.

Hal ini berdasarkan peringatan dari BMKG Maritim Tanjung Priok mengenai potensi banjir pesisir pada 11 hingga 17 Juni 2022.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan pada waktu tersebut bumi memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi).

Fase tersebut menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum. 

"Masyarakat di wilayah pesisir DKI Jakarta diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir," ucap Isnawa, Sabtu (11/6).

Isnawa menyarankan masyarakat senantiasa memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman: bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

Apabila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112.

BPBD DKI Jakarta mengimbau kepada masyarakat untuk waspada potensi banjir pesisir atau rob di wilayah pesisir Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News