Warga Sumsel Diminta Waspada, BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan Kedepan

Warga Sumsel Diminta Waspada, BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan Kedepan
BMKG Sumsel meminta warga untuk waspada pada cuaca ekstrem sekepan kedepan. Ilustrasi Foto : Ricardo/Jpnn

jpnn.com, PALEMBANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga untuk waspada pada cuaca ekstrem di wilayah Sumatera Selatan selama sepekan kedepan.

Kepala unit analisa dan prakiraan Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Sinta Andayani, menyebut, peristiwa itu dapat memicu bencana hidrometeorologi.

"Sumsel juga baru saja melewati puncak hujan periode Januari di mana kondisi tanah sudah jenuh air, debit sungai mungkin sudah maksimal maka perlu waspada," ujarnya, dalam keterangannya di Palembang, Jumat (12/2).

Sinta menyebutkan, kondisi atmosfer Sumsel saat ini masih cenderung tidak stabil, sehingga pertumbuhan awan cukup tinggi yang berpotensi terjadi hujan sangat lebat.

Menurut dia, Sumsel termasuk provinsi di Indonesia yang diterpa cuaca ekstrem, ketidakstabilan atmosfer disebabkan munculnya pusat tekanan rendah di sekitar wilayah Utara Indonesia.

"Kondisi ini memengaruhi pola arah dan kecepatan angin yang meningkatkan pertumbuhan awan," ucap Sinta.

Dia mengingatkan, warga untuk berhati-hati saat beraktifitas di luar rumah. Diharapkan mulai mengamankan dokumen penting bagi yang tinggal di daerah langganan banjir.

"Terus memperbarui informasi cuaca," ungkapnya.

BMKG mengimbau warga untuk waspada pada cuaca ekstrem di wilayah Sumatera Selatan selama sepekan kedepan. Peristiwa itu dapat memicu bencana hidrometeorologi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News