Waspada! 3 Hal ini Membuat Daya Tahan Tubuh Berkurang Saat Puasa

Waspada! 3 Hal ini Membuat Daya Tahan Tubuh Berkurang Saat Puasa
Badan lemas (ilustrasi). Foto: Volodymyr-Melnyk/123rf

jpnn.com - Stamina tubuh yang kuat selama Ramadan harus dimiliki supaya terhindar dari virus corona. Karena itu, makan sahur yang sehat itu penting.

Ketika daya tahan tubuh berkurang, Anda rentan diserang berbagai virus. Salah satu yang menjadi ancaman pada saat ini adalah COVID-19. Sudah sejak lama diketahui, virus ini akan menyerang orang dengan daya tahan tubuh yang lemah.

Jangan lekas khawatir, puasa tetap bisa dijalankan dengan tetap sehat! Bagi Anda yang berpuasa, menjaga daya tahan tubuh dapat dimulai dari sahur. Ini sangat penting dilakukan demi puasa yang lancar dan Anda tetap sehat.

Apa yang Membuat Daya Tahan Tubuh Berkurang saat Puasa?
 
Ya, menjalankan puasa tapi tidak dilakukan dengan benar dapat mengakibatkan daya tahan tubuh menurun. Sangat penting untuk memerhatikan beberapa hal terkait daya tahan tubuh selama puasa.

1. Waktu Tidur Berkurang

Selama bulan puasa, Anda tetap butuh tidur yang cukup. Dianjurkan tidur minimal 7-8 jam per hari. Tak hanya durasi, tapi kualitas tidur juga tak kalah penting.

Selama bulan Ramadan, kemungkinan besar durasi tidur berkurang. Meski demikian, kualitas tidur harus menjadi perhatian. Untuk mengakalinya, Anda dapat menambah jam tidur pada siang hari, yaitu sekitar 1 jam.

2. Tidak Olahraga

Selain itu, kalau bisa olahraga juga dilakukan. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk berhenti olahraga. 

Apa hubungannya puasa dengan COVID-19? Jelas, bagi Anda yang berpuasa, sangat rentan dengan daya tahan tubuh yang menurun karena asupan makan dan minum yang berkurang.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News