Waspada!! Ada Nugget dan Sosis Terkenal Belum Bertanda SNI

Waspada!! Ada Nugget dan Sosis Terkenal Belum Bertanda SNI
Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - JAKARTA - ‎Para ibu yang anaknya senang mengonsumsi nugget dan sosis harus lebih berhati-hati.

Pasalnya, banyak nugget dan sosis yang belum ada tanda SNI-nya. Bahkan ada beberapa merek terkenal belum mengantonginya.

"Pentingnya SNI dalam produk pangan untuk jaminan kalau produk yang dihasilkan itu aman mulai dari bahan baku, proses hingga dikemas. Di sini peran keluarga terutama ibu-ibu sangat penti‎ng untuk memilih produk pangan yang aman bagi keluarganya," papar Nur Hidayat, kabid Pemasyarakatan Standardisasi Nasional BSN di Jakarta, Rabu (9/11).

Dia menyebut, nugget dan sosis merek terkenal ada yang belum bertanda SNI, meski proses pembuatannya sudah‎ memenuhi standar keamanan pangan (SHACCP dan SNI ISO 22000 sistem standar manajemen keamanan pangan).

"Meski prosesnya sudah memenuhi standar keamanan, tapi tanda SNI penting. Karena label SNI dikeluarkan melalui beberapa tahap pengujian juga, jadi tingkat keamanan pangannya makin tinggi," terangnya.

Menurut Nur, ada salah satu produsen nugget dan sosis yang tidak terlalu kenal malah peduli dengan standar mutu (SNI).

Ini menjadi tantangan bagi BSN untuk mengedukasi masyarakat terutama para ibu agar memilih bahan pangan yang berlabel SNI.

"Kalau masyarakat maunya produk berlabel SNI, otomatis pro‎dusen akan berbondong-bondong minta produknya diuji untuk mendapatkan label SNI," tandasnya. (esy/jpnn)

JAKARTA - ‎Para ibu yang anaknya senang mengonsumsi nugget dan sosis harus lebih berhati-hati. Pasalnya, banyak nugget dan sosis yang belum ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News