Waspada, Cuaca Ekstrem Berlangsung Hingga Hari Ini

Waspada, Cuaca Ekstrem Berlangsung Hingga Hari Ini
Mendung. Ilustrasi Foto: Gusti Ambri/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan cuaca buruk berupa hujan lebat disertai angin kencang bakal terjadi hingga Senin (10/12) ini.

Kepala Bagian Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko menuturkan BMKG sudah mengeluarkan peringatan dini terkait hujan lebat dengan disertai angin kencang.

’’Ada beberapa daerah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat dan disertai angin kencang sesaat,’’ katanya. Selain itu BMKG juga menyampaikan hujan lebat disertai dengan petir.

Daerah di Jawa Timur yang berpotensi diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah Pamekasan, Sumenep, Kota dan Kabupaten Mojokerto, Bojonegoro, Jombang, dan Trenggalek.

Kemudian Kabupaten dan Kota Madiun, Pacitan, Ponorogo, Ngawi, Nganjuk, Kota Batu, Kabupaten dan Kota Malang, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten dan Kota Probolinggi, serta Bondowoso.

Lebih lanjut Hary menjelaskan cuaca ekstrim kerap terjadi di musim pancaroba. Fenomena putting beliung menjadi fenomena alamiah yang biasa terjadi. Indikasi hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Dia menuturkan sifat puting beliung tidak bisa diprediksi secara spesifik, hanya bisa diprediksi 0.5 – 1 jam sebelum kejadian jika melihat atau merasakan tanda – tandanya dengan tingkat keakuratan < 50 persen.

“Hanya berasal dari awan Cumulonimbus, tetapi tidak semua awan Cumulonimbus menimbulkan puting beliung,” paparnya.

Cuaca ekstrem berupa hujan deras yang mengguyur sejumlah derah di Jawa Timur telah memicu bencana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News