Waspada! Ini 4 Penyebab Jemaah Haji Mudah Sakit

Waspada! Ini 4 Penyebab Jemaah Haji Mudah Sakit
Jemaah haji Indonesia. Foto: dok. JawaPos

jpnn.com - Ibadah haji dipenuhi oleh rangakaian aktivitas yang sangat menguras fisik. Oleh sebab itu, agar ibadah haji bisa berjalan lancar, Anda harus bisa menjaga kesehatan dengan baik, salah satunya dengan mengenali beberapa penyebab yang biasanya membuat jemaah haji gampang sakit selama di Tanah Suci.

Selain itu, Anda juga harus menjaga kondisi fisik agar selalu prima. Sebab, saat kondisi fisik menurun, maka berbagai macam penyakit pun akan semakin mudah menyerang.

Penyebab gampang sakitnya para jemaah haji di Tanah Suci
Berikut adalah beberapa hal yang paling sering menjadi penyebab sakitnya jemaah haji selama di Tanah Suci:

1. Cuaca panas
Sebagian besar kegiatan ibadah haji merupakan aktivitas fisik yang dilakukan di luar ruangan. Dengan begitu, terik matahari serta panas dan keringnya cuaca di Tanah Suci akan meningkatkan risiko jemaah haji terserang berbagai gangguan kesehatan.

“Cuaca yang panas saat berada di Mekah (Makkah) maupun Madinah pasti akan sangat berpengaruh kepada kondisi kesehatan jemaah haji. Jika para jemaah haji tidak rajin meminum air putih, maka tak heran jika kemudian banyak yang jatuh pingsan karena kepanasan dan dehidrasi,” jelas dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter.

2. Sudah memiliki riwayat sakit sebelumnya
“Jemaah haji yang sudah memiliki riwayat penyakit, seperti penyakit jantung atau asma, harus lebih berhati-hati saat hendak menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. Kenapa? Sebab, dua penyakit ini bisa kambuh kapan dan di mana saja, termasuk saat menunaikan ibadah haji,” kata dr. Alvin.

Menurut dr. Alvin, jemaah haji yang memiliki riwayat asma, sebaiknya menghindari pemicunya, seperti kelelahan yang berlebih. Lalu, mereka juga wajib membawa obat-obatan untuk membantunya bernapas saat asma tersebut kambuh.  

3. Perjalanan yang panjang
Selain di luar ruangan, sebagian besar kegiatan ibadah haji juga dilakukan dengan berjalan kaki. Bagi Anda yang tidak terbiasa berjalan kaki dengan jarak yang cukup panjang, ini bisa menjadi penyebab lain gampangnya Anda jatuh sakit.

Olahraga yang cukup sebelum berangkat ke Tanah Suci bisa membuat Anda jadi terbiasa dengan aktivitas fisik yang akan dilakukan di sana. Selain itu, jemaah haji juga diwajibkan untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin D dan kalsium agar tulang tetap sehat.

Agar ibadah haji bisa berjalan lancar, Anda harus bisa menjaga kesehatan dengan baik, salah satunya dengan mengenali beberapa penyebab yang biasanya membuat jemaah haji gampang sakit selama di Tanah Suci.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News