Waspada, Ini 5 Fakta Kanker Usus Besar yang Perlu Diketahui

Waspada, Ini 5 Fakta Kanker Usus Besar yang Perlu Diketahui
Ilustrasi, Kanker usus besar atau dikenal juga sebagai kanker kolorektal perlu diwaspadai oleh seluruh masyarakat. (ANTARA/Shutterstock)

jpnn.com, JAKARTA - Kanker usus besar atau dikenal kanker kolorektal perlu diwaspadai oleh seluruh masyarakat.

Pada umumnya, gejala kanker usus tidak langsung menimbulkan gejala, sehingga banyak kasus terdeteksi ketika kanker sudah menyebar.

Akibatnya, tingkat kematian terbilang cukup tinggi.

Berdasarkan data Globocan pada 2020, kanker kolorektal secara global berada di urutan nomor dua jenis kanker penyebab kematian terbesar dengan jumlah kasus 915.880.

Dokter Ahli Onkologi Medis Parkway Cancer Center Singapura, Dr. Wong Siew Wei mengungkapkan meskipun menjadi salah satu kanker dengan kasus tertinggi di dunia termasuk di Indonesia.

Namun, kanker usus besar tidak banyak dibahas, sehingga menyebabkan munculnya kesalahpahaman umum mengenai kanker kolorektal ini.

Untuk mengetahui lebih jauh, Dr Wong menyampaikan lima fakta mengenai kanker kolorektal yang perlu diwaspadai, sebagai berikut:

1. Kanker kolorektal bisa menyerang siapa saja

Melansir dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menurut Globocan tahun 2020, kanker kolorektal menduduki kasus tertinggi keempat di Indonesia dengan total pasien secara keseluruhan mencapai  34.189 (8,6 persen).

Kanker usus besar atau dikenal juga sebagai kanker kolorektal perlu diwaspadai oleh seluruh masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News