Waspada! Jateng Makin Merah, Pak Ganjar Terbitkan Instruksi Khusus

Waspada! Jateng Makin Merah, Pak Ganjar Terbitkan Instruksi Khusus
Gubernur Ganjar Pranowo di kantornya. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Kasus Covid-19 di Jateng kian meningkat dari minggu sebelumnya. Tercatat 25 kabupaten/kota di Jateng yang masuk zona merah pada Senin (28/6).

Untuk itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan mengirimkan instruksi khusus kepada bupati/wali kota.

"Kalau kemarin kan hanya surat edaran, rasanya kalau hanya surat edaran kurang maksimal. Maka sekarang saya keluarkan perintah, instruksi. Mudah-mudahan nanti malam instruksinya sudah jadi dan langsung saya bagikan," jelasnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai rapat penanganan Covid-19 bersama Wamenkes secara daring, Senin (28/6).

Ada beberapa poin dari instruksi Ganjar kepada bupati/wali kota itu. Pertama yakni instruksi untuk melakukan lockdown pada rukun tetangga (RT) yang masuk kategori resiko tinggi Covid-19.

"Kalau kemarin ada 5700 RT yang masuk zona merah, hari ini sudah 7000 lebih. Maka saya minta harus lockdown. Harus sekarang, kalau kemarin nggak, maka sekarang harus," kata Ganjar.

Ganjar menerangkan, dengan lockdown tingkat RT itu maka penanganan kasus Covid-19 di Jateng bisa dikendalikan. TNI/Polri juga sudah siap untuk melakukan pengamanan.

"Nanti pengamanan dari Babinsa/Bhabinkamtibmas. Sudah kami komunikasikan," ucapnya.

Selain lockdown seluruh RT yang masuk zona merah, Ganjar juga meminta adanya keseragaman dalam penanganan Covid-19 antar wilayah di Jateng.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan pengetatan yang dilakukan saat ini sebaiknya dilakukan di seluruh daerah risiko tinggi di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News