Waspada! Penipuan Berkedok Loker Bandara Kulonprogo

Waspada! Penipuan Berkedok Loker Bandara Kulonprogo
Lowongan kerja. Foto: JPG

jpnn.com, JAKARTA - Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Israwadi mengingatkan agar masyarakat berhati-hati dalam mendapat informasi lowongan pekerjaan.

Pasalnya, saat ini banyak beredar modus penipuan berkedok lowongan pekerjaan Bandara Kulonprogo, Yogyakarta.

"Informasi tersebut beredar melalui e-mail dan WhatsApp. Modusnya, pelaku menginformasikan adanya lowongan pekerjaan dengan mencantumkan alamat e-mail seperti recrutment.angkasapura1@gmail.com, kemudian www.angkasapura1@gmail.com, infoangkasapura1@yahoo.com sebagai alamat pengiriman lamaran," jelas Israwadi.

Selanjutnya, pelaku akan menghubungi calon pelamar, yang menginformasikan bahwa calon pelamar harus mengikuti tes.

Alamat lokasi tes yang dipakai juga palsu dan proses tes-nya sendiri pun nantinya tidak akan pernah diadakan. Di email tersebut disebutkan bahwa calon pelamar harus melakukan reservasi tiket pesawat/hotel kepada biro travel (fiktif).

"Dari sinilah penipu tersebut mengeruk keuntungan, yaitu dari uang yang ditransfer oleh calon pelamar untuk memesan tiket pesawat atau hotel," terangnya.

Israwadi menegaskan informasi tersebut tidak benar karena rekrutmen perseroan tidak dilakukan melalui email.

"Dengan ini kami nyatakan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar dan mengandung unsur penipuan. Pengumuman rekrutmen PT Angkasa Pura I tidak pernah dilakukan melalui e-mail, dan tidak dipungut biaya apa pun,” tegas Israwadi.

Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Israwadi mengingatkan agar masyarakat berhati-hati dalam mendapat informasi lowongan pekerjaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News