Website Rekapitulasi Sering Down, KPU Bantah Tutupi Sesuatu

Website Rekapitulasi Sering Down, KPU Bantah Tutupi Sesuatu
Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Charlie L/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengakui bahwa website https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018 yang disediakan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi proses rekapitulasi suara pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 kerap mendapatkan serangan.

Karena itu, KPU melakukan sistem buka tutup atau hidup dan mati untuk mengantisipasi serangan tersebut.

“Itu cara kami menghadapi serangan yang datang bukan hanya tiap hari dan tiap jam, tapi tiap menit menyerang kami. Jadi kami buka, tutup, serangan dibersihkan,” kata Arief saat diskusi Pilkada, Kotak Kosong, dan Pilpres di Jakarta, Sabtu (30/6).

Menurut dia, kalau dibuka terus tentu akan merepotkan. Sebab, serangan akan semakin mudah dilakukan oleh pihak-pihak yang melakukan penyerangan.

Akibatnya, nanti banyak masyarakat yang tidak bisa melihat. “Jadi mohon maaf kalau masih sering buka tutup. Bukan karena kami tidak transparan menginformasikan, tapi ini strategi seperti yang disampaikan ahli (teknologi informasi),” ungkap Arief.

Dia mengatakan secanggihnya sistem teknologi informasi, tetap saja ada orang yang berupaya melakukan serangan. Arief mengakui beberapa hari ini memang website tersebut sering diserang.

“Tapi, kami lakukan upaya menangkal, membersihkan, menangkis serangan. Salah saunya on-off strategy,” katanya.

Founder Lembaga Survei Kedai Kopi Hendri Satrio mengatakan persoalan server up and down itu bisa saja dianggap menyimpan misteri. Menurut dia, hal itu bisa menyebabkan orang berpikir macam-macam.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengakui bahwa website https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018 sering mati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News