WHO Peringatkan Virus Corona Bisa Mewabah ke Seluruh Dunia

WHO Peringatkan Virus Corona Bisa Mewabah ke Seluruh Dunia
Organisasi Kesehatan Dunia WHO hari Senin (24/2/2020) menyatakan virus corona berpotensi menjadi wabah yang akan menyebar ke seluruh dunia. (AP: Kin Cheung)

Organisasi Kesehatan Dunia WHO menyatakan Virus Corona atau COVID-19 berpotensi menjadi wabah yang menyebar ke seluruh dunia. Situasinya saat ini belum mencapai tahap itu namun potensinya mengarah ke sana.

Pernyataan WHO yang disampaikan hari Senin (25/2/2020) menyebutkan penyebaran virus tampaknya telah mencapai puncaknya di China.

Namun menurut WHO, lonjakan kasus baru di negara lain sudah sangat memprihatinkan dan semua negara harus bersiap menghadapi "potensi wabah."

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menjelaskan, puncak penyebaran virus di China terjadi antara 23 Januari hingga 2 Februari lalu, dan jumlah kasus baru di sana telah menurun.

"Virus ini dapat diatasi," ujarnya dalam jumpa pers di Jenewa, seraya memuji upaya China mencegah penyebaran virus melalui penutupan wilayah dan karantina yang skalanya belum pernah terjadi sebelumnya.

Penyebaran kasus di negara lain telah mendorong tindakan drastis yang serupa.

Di Italia 11 kota ditutup dan Korea Selatan memerintahkan 2,5 juta warga Kota Daegu untuk tinggal di dalam rumah.

Namun penyebaran virus yang secara resmi dinamai sebagai COVID-19 terus berlangsung. Afghanistan, Bahrain, Irak, Kuwait dan Oman telah mengumumkan kasus pertama mereka pada Senin.

Organisasi Kesehatan Dunia WHO menyatakan Virus Corona atau COVID-19 berpotensi menjadi wabah yang menyebar ke seluruh dunia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News