Wisatawan Tiongkok Banjiri Manado

Wisatawan Tiongkok Banjiri Manado
Ilustrasi: Radar Bali/JPG

jpnn.com - MANADO – Baru setengah berjalan, program wisata North Sulawesi Christmas Festival sudah bersiap-siap menutup tahun 2016 dengan happy ending. Puluhan even menarik yang digelar sebulan penuh itu terbukti menyedot banyak wisatawan mancanegara ke Sulawesi Utara.

Daya beli masyarakat ikut terangkat. Ekonomi lokal di Sulut pun ikut bangkit dan berkembang pesat.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyebut Gubernur Sulut Olly Dondokambey punya CEO commitment yang patut diacungi jempol. Sebab, CEO commitment yang kuat dari kepala daerah sangat penting dalam mendongkrak kepariwisataan.

“CEO Commitmen Gubernur Olly Dondokambey patut diacungi dua jempol. Hanya komitmen gubernur dan bupati yang kuat, yang bisa mengubah wajah daerahnya menjadi destinasi wisata kelas dunia. Peran pimpinan daerah itu paling besar dibandingkan dengan seluruh 14 pilar dan empat main pilar di WTTCI (World Tourism and Travel Competitiveness Indext, red) itu. Dan itu terbukti di Manado,” kata Arief.

Sampai-sampai, Presiden Joko Widodo berniat hadir dalam peringatan Natal dan Tahun Baru 2016 di Manado. Presiden juga sudah berkali-kali ke Manado, bahkan sampai berjalan-jalan ke mal membeli sepatu produk lokal, sekaligus mengecek seberapa siap ibu kota Provinsi Sulut itu dalam menerima lebih banyak wisatawan mancanegara.

Presiden sangat paham bahwa turis China hobi belanja, makan atau kuliner dan pantai-pantai.  

Akhir tahun 2015 lalu, Presiden Joko Widodo mengajak Menpar Arief Yahya keliling Raja Ampat di Papua Barat untuk melihat keindahan landscape dan bawah laut yang paling bagus di dunia versi CNN itu. Sebelumnya, merayakan Natal Nasional di Larantuka, NTT sekaligus menengok Labuan Bajo, Komodo. Tahun ini di Danau Toba Sumatera Utara dan Manado Sulut.

Program wisata North Sulawesi Christmas Festival memang diburu banyak wisatawan. Sensasi merayakan Natal di daerah tropis ternyata disukai wisatawan nusantara ataupun wisman.

MANADO – Baru setengah berjalan, program wisata North Sulawesi Christmas Festival sudah bersiap-siap menutup tahun 2016 dengan happy ending.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News