Wujudkan SDM Unggul Indonesia Emas 2045, Kemendes Gunakan AI untuk Tingkatkan Penguasaan Bahasa Inggris

Wujudkan SDM Unggul Indonesia Emas 2045, Kemendes Gunakan AI untuk Tingkatkan Penguasaan Bahasa Inggris
Kemendes PDTT meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris ASN melalui program Kemendes English Community. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menekankan pengembangan kemampuan berbahasa Inggris bagi sumber daya manusia (SDM) untuk mencapai visi "Manusia Indonesia yang Unggul, Berbudaya, serta menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi" pada 2045.

Kemendes bahkan menjadikan kemampuan SDM berbahasa Inggris ini menjadi salah satu prioritas utara di kementerian.

Program ini dikenal dengan nama Kemendes English Community, yang menggabungkan kelas interaktif dengan tutor berbahasa asing dan aplikasi berbasis kecerdasan buatan dalam model pembelajaran campuran.

Oleh karena itu, investasi dalam pengembangan SDM yang unggul menjadi sangat penting untuk mencapai tujuan Indonesia Emas 2045.

Kemendes mengambil langkah inovatif dengan berkolaborasi bersama ELSA Speak, sebuah platform pelatihan berbahasa Inggris berbasis kecerdasan buatan untuk organisasi.

Melalui pemanfaatan kecerdasan buatan, ELSA Speak dapat mendeteksi dan memperbaiki kesalahan dalam pengucapan setiap suku kata.

Dengan pendekatan berbasis aplikasi, peserta dapat mengakses pembelajaran bahasa Inggris dan menerima umpan balik instan yang mencakup pengucapan, perluasan kosakata, dan perbaikan tata bahasa. Hingga akhir 2023, aplikasi ELSA Speak telah diunduh oleh lebih dari 2,8 juta pengguna di Indonesia dan lebih dari 60 juta pengguna secara global.

Kemendes English Community diharapkan menjadi landasan untuk meningkatkan kompetensi SDM di desa, khususnya dalam pengembangan keterampilan komunikasi. Program ini mencakup pemantauan dan analisis seluruh proses pelatihan, mulai dari implementasi hingga evaluasi hasil secara komprehensif.

Kemendes menjadikan kemampuan SDM berbahasa Inggris sebagai prioritas utama demi mencapai visi Manusia Indonesia Unggul, dan Berbudaya pada 2045.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News