Xiaomi Salip Samsung Sebagai Vendor Ponsel Terlaris

Xiaomi Salip Samsung Sebagai Vendor Ponsel Terlaris
Xiaomi. Foto: Official Xiaomi

jpnn.com - Xiaomi Corp untuk pertama kalinya menyalip Samsung pada kuartal terakhir sebagai vendor ponsel pintar terkemuka di Eropa.

Vendor asal Tiongkok itu telah mengirimkan 12,7 juta smartphone, naik 67,1 persen dari tahun lalu, untuk merebut pangsa pasar 25,3 persen.

"Xiaomi telah melihat kesuksesan besar di Rusia, Ukraina, Spanyol, dan Italia antara lain, dan menemukan pelanggan yang menginginkan seri Mi dan Redmi yang kaya fitur dan bernilai tinggi," kata Boris Metodiev, associate director di Strategy Analytics.

Sementara itu, berdasarkan laporan Strategy Analytics, Samsung Electronics Co turun ke posisi kedua dengan penguasaan pasar 24 persen periode April-Juni.

Samsung telah mengirimkan 12 juta smartphone ke Eropa, turun 7 persen dari tahun sebelumnya.

Raksasa teknologi Korea Selatan itu adalah satu-satunya pemain di antara lima pemasok smartphone teratas di Eropa yang mengalami penurunan pengiriman dari tahun ke tahun.

"Samsung berkinerja baik dengan model 5G baru dari seri Galaxy A, tetapi menghadapi persaingan yang makin ketat dari Apple di kelas atas dan vendor China di kelas bawah, dan gagal mengambil keuntungan dari kehancuran Huawei di Eropa," kata Direktur eksekutif di Strategy Analytics Neil Mawston.

Apple Inc. mengambil tempat ketiga dengan pangsa pasar 19,2 persen setelah pengiriman iPhone melonjak 15,7 persen dalam setahun menjadi 9,6 juta unit.

Xiaomi Corp untuk pertama kalinya menyalip Samsung pada kuartal terakhir sebagai vendor ponsel pintar terkemuka di Eropa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News