Yakini Pemberantasan Korupsi Bakal Pacu Pertumbuhan Ekonomi

Yakini Pemberantasan Korupsi Bakal Pacu Pertumbuhan Ekonomi
Yakini Pemberantasan Korupsi Bakal Pacu Pertumbuhan Ekonomi

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD yakin pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan semakin maju bila praktik korupsi bisa dihabisi. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi akan semakin baik jika ditopang penegakan hukum di bidang korupsi.

"Pertumbuhan ekonomi nasional saat ini boleh dibilang luar biasa, tapi pertumbuhan ini masih terganggu dengan korupsi yang dilakukan para pejabat. Kalau hukum ditegakkan, perkiraan saya 50 persen masalah kita bisa selesai," ujar Mahfud di Padepokan Demi Indonesia, Jalan Hang Tuah Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (14/1).

Mahfud menambahkan, korupsi yang dilakukan para pejabat di sektor energi, minyak dan gas sudah sangat mengerikan. "Sampai ada seorang bupati yang memberikan izin eksplorasi tambang batubara yang luasnya 2,5 kali luas kabupatennya. Ini kan tidak masuk akal," keluhnya.

Hal senada juga dikatakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Menurutnya, kalau korupsi bisa diberantas maka pertumbuhan ekonomi bisa dipacu lebih tinggi lagi. Pria asal Magetan ini lantas mencontohkan keberhasilan Singapura mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Padangan lama juga mengatakan bahwa bisnis akan maju kalau hukumnya abu-abu. Ada orang yang mengeluh tidak maju berbisnis di Singapura karena hukumnya seba pasti. Ada juga yang bilang enak di Indonesia karena aturan hukumnya tidak jelas dan semua bisa diatur," paparnya.

Karenanya, mantan Dirut PLN ini mendorong agar pemberantasan korupsi bisa dijalankan dengan efektif di Indonesia tanpa pandang bulu. "Memang harus ada aturan yang jelas, siapa yang harus bertanggungjawab bila korupsi di tubuh pemerintah atau kementerian terjadi. Apakah semua akan dibebankan pada tanggungjawab presiden atau siapa? Ini harus dikotak-kotakkan, agar ke depan tidak lagi terjadi seperti ini," ulasnya. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD yakin pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan semakin maju bila praktik korupsi bisa dihabisi.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News