Yakinlah, Kecil Peluang Ahok Jadi Menteri di Pemerintahan Jokowi

Yakinlah, Kecil Peluang Ahok Jadi Menteri di Pemerintahan Jokowi
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (BTP) alias Ahok. Foto: dokumen JPNN/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Analis politik Hendri Satrio meyakini Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tak akan menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hendri menyampaikan hal itu guna merespons pernyataan Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Poyuono yang menyebut jabatan komisaris utama (komut) di Pertamina bagi Ahok merupakan batu loncatan bagi mantan gubernur DKI itu untuk masuk kabinet.

"Menurut saya kecil peluang Ahok masuk Kabinet," ucap Hendri saat berbincang dengan jpnn.com, Selasa (26/11).

Pengajar di Universitas Paramadina itu lantas menyodorkan argumentasinya tentang Ahok yang kini tercatat sebagai kader PDI Perjuangan tak akan menteri di kabinet pemerintahan Presiden Jokowi. “Pertama kalau Ahok masuk (menjadi menteri), ada kader PDI Perjuangan di kabinet yang akan terdepak," kata Hendri.

Kedua, lanjut Hendri, PDIP memiliki banyak kader yang lebih senior ketimbang Ahok. Oleh karena itu, kata Hendri, mau kemungkinan besar Ahok harus mengantre terlebih dahulu untuk bisa masuk kabinet.

"Ketiga, jabatan Komut Pertamina ini adalah hadiah yang sangat mewah untuk Ahok dari Jokowi. Jadi kemungkinan ini hadiah pemungkas," tandasnya.(fat/jpnn)

Analis politik Hendri Satrio meyakini Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tak akan menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Jokowi.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News