Yang Betina Jangan Dipotong

Dukung Program Swasembada Daging Sapi

Yang Betina Jangan Dipotong
Yang Betina Jangan Dipotong
JAKARTA -- Dalam rangka mendukung Program Swasembada Daging Sapi (PSDS) 2014, Komisi IV DPR mendukung Kementerian Pertanian untuk mendapatkan anggaran tambahan Rp1,7 triliun. Dana tersebut, kata Wakil Ketua Komisi IV DPR Ana Mu'awanah, dibutuhkan untuk program penyelamatan sapi betina lokal produktif, yang selama ini setiap tahunnya sebanyak 200 ribu ekor dipotong.

"Sudah diajukan anggaran tersebut dalam APBN perubahan," jelas Ana Mu'awanah. Dijelaskan, meski dalam aturan tidak diperbolehkan memotong sapi betina produktif, namun peternak masih melakukan hal ini. Pemerintah juga sulit mengatasinya, sehingga program penyelamatan sapi betina lokal produktif ini diluncurkan. Lebih lanjut, Ana menyatakan, dirinya ingin mendengar secara rinci langkah-langkah dari program tersebut.

Dalam rapat kerja sebelumnya, Komisi IV DPR RI, menyarankan agar Kementan segera melakukan sosialisasi dengan para peternak sapi, terkait penyelamatan sapi betina produktif. "Soalnya, bagaimana mau mencapai swasembada daging sapi kalau indukan sapinya kurang, sehingga bibit sapi juga minus," tambah Ana.

Kekurangan bibit sapi ini merupakan tantangan cukup serius pada PSDS 2014. Pasalnya, sampai 2010 ini, Indonesia masih kekurangan bibit sapi sebanyak 668.096 ekor. Jika tidak bisa diatasi dikhawatirkan harga daging bisa melambung.

JAKARTA -- Dalam rangka mendukung Program Swasembada Daging Sapi (PSDS) 2014, Komisi IV DPR mendukung Kementerian Pertanian untuk mendapatkan anggaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News