Yanti: Tolonglah Kami, Pemerintah Harus Usir Asap Ini

Di Pekanbaru, Asap Menyerbu hingga ke kamar

Yanti: Tolonglah Kami, Pemerintah Harus Usir Asap Ini
FOTO: JPNN.com

jpnn.com - PEKANBARU – Meski Presiden Joko Widodo telah blusukan untuk memantau titik api di wilayah Sumatera, tampaknya belum berpengaruh karena asap kian hari makin pekat.  Penanggulangan asap belum banyak hasilnya.

Contohnya saja, kondisi asap di Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau justru bertambah parah dari hari biasanya. Senin (7/9), asap pekat bahkan sudah mulai masuk hingga ke dalam rumah bahkan kamar. Tidak ada udara segar bisa dihirup.

“'Saya sudah ungsikan anak-anak ke dalam rumah, tapi rumah dipenuhi asap. Masuk ke kamar di ruangan ber-AC, juga dipenuhi asap. Sesak nafas. Anak-anak sampai menangis bertanya, kapan bisa menghirup udara segar lagi?,” kata Yanti (30), warga Rumbai Pekanbaru ini.

Kawasan Rumbai dalam sepekan ini selalu dipenuhi asap. Bahkan status ISPU-nya sudah masuk level berbahaya dengan indeks di atas poin 400.

“'Tidak ada tempat lagi sembunyi dari asap. Mau mengungsi keluar kota, bandara juga ditutup. Tolonglah kami, pemerintah harus serius mengusir asap ini. Kasihan anak-anak,”' kata Yanti frustasi.

Jumlah korban asap di Pekanbaru memang yang paling besar. Akhir pekan lalu tercatat ada 2.300 orang terpapar asap, sebagian besar terkena ISPA.(afz/jpg)


PEKANBARU – Meski Presiden Joko Widodo telah blusukan untuk memantau titik api di wilayah Sumatera, tampaknya belum berpengaruh karena asap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News