YLKI & BPKN Desak BPOM Teliti Kandungan Bromat di AMDK 

YLKI & BPKN Desak BPOM Teliti Kandungan Bromat di AMDK 
YLKI & BPKN Desak BPOM Teliti Kandungan Bromat di AMDK . Foto: JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) mendesak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk meneliti isu kandungan bromat di air minum dalam kemasan (AMDK).

Anggota Pengurus Harian YLKI Tubagus Haryo mengatakan pihaknya memiliki prinsip agar semua makanan dan minuman yang beredar di masyarakat wajib memiliki standar tertinggi bagi kesehatan.  

Menurutnya, YLKI mengingatkan bahwa transparansi informasi mengenai kualitas dan keamanan produk air minum kemasan sangat penting bagi perlindungan konsumen. 

“Kami mendesak BPOM untuk meningkatkan pengawasan terhadap industri yang mengeluarkan produk yang tidak memenuhi standar aman seperti kandungan bromat ini,” kata Tubagus Haryo dalam keterangannya, Selasa (5/3).

BPOM, lanjutnya, harus memberikan rekomendasi kepada pelaku usaha untuk mematuhi standar produksi yang ketat demi menjaga kualitas produk dan keamanan konsumen.

Konsumen juga diajak untuk lebih selektif dalam memilih produk air minum kemasan dan memeriksa dengan cermat informasi yang tertera pada label.

Karena itu, menurutnya, BPOM penting menyesuaikan lagi dalam regulasinya apa-apa saja yang harus dicantumkan dalam standar aman pangan seperti kandungan bromat ini. 

Hal senada disampaikan Ketua BPKN Muhammad Mufti Mubarok. Dia juga meminta agar BPOM segera melakukan uji lab independen untuk membuktikan kebenaran terkait laporan dari masyarakat ini. 

.YLKI & BPKN mendesak BPOM teliti kandungan Bromat di air minum dalam kemasan (AMDK).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News