YLKI Khawatir Harga BBM Jadi Kedok Menaikkan Harga Pangan

YLKI Khawatir Harga BBM Jadi Kedok Menaikkan Harga Pangan
Ketua Harian YLKI Tulus Abadi bicara soal tes PCR. Foto: dok.JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi memberi beberapa catatan penting kepada pemerintah pasca kenaikan harga BBM.

Menurut Tulus, kebijakan menaikkan harga BBM bak buah simalakama.

"Tidak dinaikkan, finansial APBN makin bleeding dan akan mengorbankan sektor lain. Namun, potensi efek dominonya sangat besar dan berpotensi memukul daya beli masyarakat jika BBM dinaikan," ujar Tulus, Senin (5/9).

Kemudian, Tulus memberikan beberapa catatan keras. Pertama, pemerintah harus menjamin rantai pasok komoditas bahan pangan tidak terdampak secara signifikan oleh kenaikan harga BBM.

"Jalur-jalur distribusi harus lebih disederhanakan dan dilancarkan sehingga tidak menjadi kedok untuk menaikkan harga bahan pangan. Jangan jadikan kenaikan harga BBM untuk aji mumpung menaikkan komoditas pangan, dan komoditas lainnya," beber Tulus.

Kedua, pemerintah pusat dan daerah harus tetap memberikan subsidi pada angkutan umum sehingga tarif angkutan umum tidak mengalami kenaikan pasca kenaikan harga BBM.

Sebab, tingginya kenaikan angkutan umum justru akan kontra produktif bagi nasib angkutan umum itu sendiri karena akan ditinggalkan konsumennya dan berpindah ke sepeda motor.

Selanjutnya, kenaikan harga BBM harus diikuti upaya mereformasi pengalokasian subsidi BBM.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi memberi beberapa catatan penting kepada pemerintah pasca kenaikan harga BBM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News