Yogya Istimewa di Balap Sepeda, Target DKI Jakarta Justru Meleset

Yogya Istimewa di Balap Sepeda, Target DKI Jakarta Justru Meleset
Ilustrasi. Foto: dok. JPNN

jpnn.com - BANDUNG - DI Yogyakarta dominan dalam lomba balap sepeda PON XIX/2016 Jabar di Velodrome Munaip Saleh, Cimahi, Jawa Barat, Selasa (27/9) sore. Dari tiga nomor yang dilombakan, kontingen Yogya meraih dua emas.

Di nomor team sprint, Dian Sofiatun dan Riska Agustin (Yogya) menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 49,846 detik. Keduanya menaklukkan Crismonita Dwi dan Elga Kharisma (Jatim) yang meraih perak dengan torehan 50,206 detik. 

Sementara itu, perunggu didapatkan Santia Tri Kusuma dan Uyun Muzizah (DKI Jakarta) dengan catatan waktu 51,094 detik. Santia sejatinya mampu menunjukkan kecepatan yang lebih baik dari pebalap lainnya. 

Namun, catatan waktu Santia tak bisa diperhitungkan saat babak kualifikasi.Beruntung, hanya empat tim yang mengikuti lomba ini. Meskipun Santia- Uyun waktunya tak tercatat saat kualifikasi, dan menjadi peringkat terbawah, mereka tetap berhak balapan di final perebutan peringkat 3 dan 4.  

"Tadi sebenarnya DKI sudah cepat. Cuma keburu-buru buka, jadinya kelewat itu di finis. Belum tercatat sudah kasih jalan Uyun, jadinya nggak kena sensor finis, waktu kualifikasi menuju final peringkat 1-2 jadinya tak lolos. Mereka cuma bisa tanding berebut peringkat 3-4,” kata salah satu ofisial DKI Jakarta yang  menolak ditulis namanya.

Di nomor Individual Pursuit putra 4000 meter, Odie Purnomo Setiawan, wakil Yogya meraih emas dengan waktu 4 menit 59,682 detik. Dia mengalahkan kompatriotnya, Elan Riyadi yang hanya mencatat waktu 5 menit 5,749 detik dan meraih perak. 

Medali perunggu didapat oleh wakil Jatim, Eko bayu yang mengungguli lawannya, Robin Manulang dari Kaltim dengan catatan waktu 5 menit 3,431 detik. 

"Ini PON pertama dan langsung emas. Ini menjadi kejutan, kebanggaan karena saya bisa kalahkan Elan yang lebih diunggulkan. Ini juga hadiah prnikahan saya buat istri,kami baru bikah tiga bulan lalu. Kuncinya tadi saya dengerin peltih untuk konstan dari awal, tak perlu menekan," tuturnya. 

BANDUNG - DI Yogyakarta dominan dalam lomba balap sepeda PON XIX/2016 Jabar di Velodrome Munaip Saleh, Cimahi, Jawa Barat, Selasa (27/9) sore. Dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News