Yogyo: Cak Imin, Figur Ideal Jadi Cawapres Jokowi

Yogyo: Cak Imin, Figur Ideal Jadi Cawapres Jokowi
Wakil Sekretaris DPW PKB Provinsi Jawa Tengah dan juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang, Yogyo Susaptoyono. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah kalangan menganggap Joko Widodo dan Prabowo Subianto tetap sebagai figur calon presiden potensial pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Kedua tokoh ini bakal bersaing lagi setelah sebelumnya berkompetisi pada Pilpres 2014 lalu.

Selain capres, figur calon wakil presiden (Cawapres) juga sangat menentukan tensi politik pada Pilpres 2019 mendatang. Beberapa kalangan mulai menggulirkan kriteria dan figur yang dianggap layak untuk mendampingi Jokowi.

Wakil Sekretaris DPW PKB Provinsi Jawa Tengah, Yogyo Susaptoyono mengatakan masyarakat bawah menginginkan figur  berlatar belakang santri yang toleran untuk mendampingi Jokowi pada Pilpres mendatang.

“Masyarakat di kalangan bawah terutama kalangan NU di daerah berharap sosok Cak Imin (Muhaimin Iskandar, red) yang merupakan lulusan pondok pesantren dan mengusung Islam toleran bisa menjadi cawapres Jokowi pada periode kedua (Pilpres 2019),” tegas Yogyo kepada JPNN.com, Rabu (31/1).

Menurut Yogyo, harapan agar Cak Imin menjadi cawapres Jokowi sesungguhnya merupakan aspirasi masyarakat yang berkembang saat bertemu dengan konstituen saat reses (kunjungan kerja di daerah pemilihan, red). Masyarakat, kata Yogyo, berharap Jokowi pada periode kedua bisa berpasangan dengan kaum muda yakni Cak Imin.

Lebih lanjut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang ini mengatakan Indonesia perlu pemimpin muda yang enerjik karena tantangan yang dihadapi juga luar biasa. Karena itu, figur Cak Imin layak menjadi pendamping Jokowi pada Pilpres 2019. Sebab Cak Imin adalah figur yang sudah teruj, pernah menjabat menteri dan wakil ketua DPR RI.

“Jokowi saat ini bergerak cepat sehingga membutuhkan pendamping yang bisa mengimbangi kerja keras dan kerja cepat seperti Cak Imin,” kata politikus mantan wartawan ini.

Untuk diketahui, peluang Cak Imin menjadi cawapres tampaknya terlihat dari hasil survei dari salah satu lembaga survei.

Seperti diberitakan sebelumnya, survei LSI menyimpulkan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dianggap paling pantas menjadi calon wakil presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Masyarakat terutama kalangan NU berharap sosok Cak Imin yang merupakan lulusan pondok pesantren dan mengusung Islam toleran bisa jadi cawapres Jokowi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News