Yuk, Jaga Kesehatan Otak dengan Cara Mudah Berikut Ini

Yuk, Jaga Kesehatan Otak dengan Cara Mudah Berikut Ini
Kesehatan otak (Ilustrasi) Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Otak sehat akan membantu kita bekerja dengan baik dan meningkatkan produktivitas. Oleh karena itu, menjaga kesehatan otak sejak dini sangatlah penting.

Sebaliknya, otak yang pikun atau sering lupa akan menghambat aktivitas.

Pikun atau demensia termasuk masalah kesehatan yang banyak terjadi pada masyarakat dunia.

Demensia merupakan masalah serius karena bisa membuat ketergantungan pada orang lain dan memicu komplikasi seperti depresi.

Beberapa gejala demensia adalah sulit mengingat nama atau kejadian, sulit beraktivitas, serta sulit fokus dan berkonsentrasi.

Sejauh ini belum ada cara menyembuhkan demensia yang benar-benar efektif, namun tak ada salahnya mencoba 10 cara ini untuk menjaga kesehatan otak:

1. Menjauhi Alkohol

Untuk menjaga kesehatan otak manusia, minuman beralkohol perlu dihindari. Karena, alkohol itu bersifat toksik atau racun bagi sel otak. 

Risiko kerusakan otak akan meningkat bila kamu memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol. Karena itu, hindari alkohol agar dapat menjaga sel otak tetap sehat.

Cara menjaga kesehatan otak di atas perlu dilakukan rutin. Tak hanya otak yang sehat, bagian tubuh lainnya juga bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News