Yuk, Kenali Lebih Jauh GEN KIHAJAR 2020

Yuk, Kenali Lebih Jauh GEN KIHAJAR 2020
Ilustrasi Kemendikbud. Foto: https://lpmpntt.kemdikbud.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program Generasi Kita Harus Belajar (GEN KIHAJAR) 2020. Program itu merupakan kegiatan tahunan yang telah berlangsung sejak 2006.

Peserta GEN KIHAJAR adalah para siswa dan siswi yang telah turut serta dalam program Kita Harus Belajar. Menurut pelaksana tugas (Plt) Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) kemendikbud M. Hasan Chabibie, GEN KIHAJAR saat ini diarahkan pada upaya menggenjot kompetensi.

"Mengembangkan keterampilan, pengetahuan dan memiliki kompetensi abad 21 adalah tujuan utama dari pelaksanaan KIHAJAR  2020. Pemanfaaan teknologi dalam proses pembelajaran maupun aktivitas sehari – hari menjadi suatu yang sangat dekat bagi GEN KIHAJAR," kata Chabibie saat launching KIHAJAR 2020 yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional (HAN), Kamis (23/7).

Dia melanjutkan, generasi yang dikenal sebagai digital native sudah dikelilingi beragam teknologi dan biasa berinteraksi dengan komputer, gawai dan internet. Oleh karena itu, KIHAJAR 2020 bertransformasi total dalam penyelenggaraanya tahun ini.

"Transformasi ini diharapkan dapat semakin memacu kompetensi para GEN KIHAJAR untuk siap menjadi generasi yang memiliki kompetensi abad 21," tuturnya.

KIHAJAR hadir dengan 3 varian baru dengan tujuan memperluas akses dan kesempatan peserta untuk berpartisipasi. Pertama adalah KIHAJAR STEM yang menjadi wadah eksplorasi siswa seluruh jenjang melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis sciences, technology, engineering and mathematics.

KIHAJAR STEM memiliki 4 fase, yakni basic, intermediate, advance dan final. Kepesertaannya terbuka untuk seluruh jenjang baik tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, ataupun ibtidaiyah, sanawiyah dan aliah.

Selain itu, pesertanya juga tidak harus dari sekolah di dalam negeri. Sebab, pelajar yang bersekolah di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) juga dapat mengikutinya.

Pusdatin Kemendikbud meluncurkan program GEN KIHAJAR bersamaan dengan Hari Anak Nasional 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News