Yuri: Tiga RS Swasta Berkomitmen Ikut Menangani Kasus Corona

Yuri: Tiga RS Swasta Berkomitmen Ikut Menangani Kasus Corona
Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto yang ditunjuk jadi Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19/ virus corona. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebut tiga rumah sakit swasta berkomitmen untuk turut serta menangani pasien positif corona. Sebanyak 300 tempat tidur tersedia bagi pasien corona dari tiga rumah sakit swasta ini.

Komitmen itu terungkap ketika dirinya menggelar pertemuan dengan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) untuk mendiskusikan peran sektor swasta menangani corona, Rabu (18/3).

"Ada tiga rumah sakit swasta yang sudah mendedikasikan seluruh kapasitas tempat tidurnya, dengan total 300 tempat tidur untuk penanganan kasus Covid-19," kata Yuri dalam keterangan resmi yang disiarkan melalui Youtube di akun BNPB Indonesia, Rabu (18/3).

Lebih lanjut, kata Yuri, tiga rumah sakit yang berkomitmen yakni RS Siloam Kelapa Dua, Tangerang, RS Mitra Keluarga Jatiasih, Bekasi, dan RS Hermina Karawang.

"Ketiga rumah sakit ini nanti hanya akan didedikasikan untuk merawat semua kasus COVID-19. Sementara kasus lain akan dipindahkan ke rumah sakit lain," lanjut dia.

Selain komitmen rumah sakit, pertemuan Yuri dengan PERSi juga menghasilkan kesediaan laboratorium swasta untuk memeriksa seseorang terjangkit corona. Yakni jejaring Laboratorium Siloam, jejaring Laboratorium Kalbe, dan jejaring laboratorium Bunda.

"Ini yang menggembirakan untuk kami. Diharapkan, dengan cara ini maka deteksi dini penemuan cepat kasus dapat dilaksanakan dengan maksimal," kata dia. (mg10/jpnn)

Selain komitmen rumah sakit, pertemuan Yuri dengan PERSi juga menghasilkan kesediaan laboratorium swasta untuk memeriksa seseorang terjangkit corona.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News