ZAF Eye Care Periksa Mata Anak-anak Down Syndrome Secara Gratis

ZAF Eye Care Periksa Mata Anak-anak Down Syndrome Secara Gratis
Klinik ZAF Eye Care at Lithea bekerja sama dengan Laulima menggelar bakti sosial pemeriksaan mata lengkap, serta pemberian obat dan kacamata gratis untuk anak-anak penyandang down syndrome. Foto dok ZAF Eye Care

jpnn.com, JAKARTA - Klinik ZAF Eye Care at Lithea bekerja sama dengan Laulima menggelar bakti sosial pemeriksaan mata lengkap, serta pemberian obat dan kacamata gratis untuk anak-anak penyandang Down Syndrome.

Kegiatan ini digelar dalam memperingati Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day) dan Bulan Peduli Down Syndrome, yang diadakan setiap Oktober.

Melalui yayasan POTADS (Persatuan Orang Tua Anak Down Syndrome), bakti sosial ini diadakan pada Minggu (24/10) dan berlokasi di klinik ZAF Eye Care di Kemang, Jakarta Selatan.

Layanan pemeriksaan mata serta obat dan kacamata gratis pun diberikan kepada sebanyak 18 peserta anak-anak penyandang Down Syndrome, dalam menyambut ulang tahun POTADS yang ke-18.

“Karena kesehatan mata anak-anak penting untuk menunjang pendidikan, pengembangan bakat, bahkan status sosial; yang tentunya memengaruhi masa depan anak. Pemeriksaan mata secara rutin dapat mendeteksi dan mencegah berbagai penyebab kebutaan seperti glaukoma, katarak, kelainan refraksi, kelainan retina, dan sebagainya,” ujar Pendiri klinik ZAF Eye Care Zoraya Ariefia Feranthy.

Dibandingkan dengan anak-anak normal, anak-anak penyandang Down Syndrome memiliki risiko lebih tinggi akan masalah kesehatan.

Selama tahap perkembangannya, penyandang Down Syndrome juga bisa mengalami kemunduran dari sistem penglihatan atau kemampuan lainnya akibat tonus otot yang lemah.

“Anak-anak penyandang Down Syndrome pada dasarnya tetap bisa tumbuh bahagia dan mengembangkan potensinya semaksimal mungkin. Agar hal tersebut bisa terwujud, mereka harus mendapatkan dukungan dan perhatian yang maksimal serta kemudahan dalam menggunakan sarana atau fasilitas yang sesuai dengan kebutuhannya," sebutnya.

Klinik ZAF Eye Care at Lithea bekerja sama dengan Laulima menggelar bakti sosial pemeriksaan mata lengkap, serta pemberian obat dan kacamata gratis untuk anak-anak penyandang Down Syndrome.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News