Ziarahi Makam Mbah Priok, Warga Berterima Kasih ke Ahok

Ziarahi Makam Mbah Priok, Warga Berterima Kasih ke Ahok
Rombongan warga yang berkunjung di kompleks makam Mbah Priok di Koja, Jakarta Utara, Minggu (19/3). Foto: istimewa for JPNN.Com

jpnn.com - Makam Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad atau Mbah Priok di Koja, Jakarta Utara semakin kondang dan menarik perhatian berbagai kalangan. Keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadikan kompleks makam Mbah Priok sebagai cagar budaya membuat banyak pihak semakin penasaran.

Hari ini (19/3), ribuan warga DKI Jakarta menziarahi makam yang lokasinya berdekatan dengan terminal peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok itu. Peziarah asal Cengkareng, Agus Mawardi (53 tahun) mengaku tertarik mengunjungi kompleks makam Mbah Priok setelah Pemprov DKI menetapkannya sebagai cagar budaya sekaligus lokasi wisata religius.

“Mbah Priok tokoh Jakarta lho, harus diperhatikan. Sama dengan pahlawan lain apalagi ini pahlawan keagamaan," ujar Agus.

Menurutnya, sudah semestinya kompleks Makam Mbah Priok sebagai cagar budaya dilengkapi berbagai fasilitas penunjang. Misalnya, areal parkir diperluas.

"Sekarang saja sudah puluhan bus mas yang berziarah. Kalau dibangun dengan fasilitas yang lebih nyaman, maka pastinya makin banyak lagi masyarakat yang akan berziarah. Pastinya begitu," tuturnya.

Sedangkan Yulianti (27) dari Sumur Bor, Cengkareng Baret mengaku berterima kasih ke Basuki T Purnama selaku Gubernur DKI Jakarta. Sebab, gubernur yang kondang disapa dengan panggilan Ahok itu telah menetapkan kompleks Makam Mbah Priok sebagai cagar budaya.

Yulianti yang datang ke Makam Mbah Priok bersama keluarganya mengatakan, di berbagai kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah ada makam-makam para Walisongo. Di Banten juga ada makam-makam ulama kondang.

“Sekarang di Jakarta ada Makam Mbah Priok yang sangat berjasa dalam membawa ajaran agama. Wajar banget kalau jadi cagar budaya dan akan dibangun menjadi nyaman dikunjungi,” kata Yuliyanti.

Makam Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad atau Mbah Priok di Koja, Jakarta Utara semakin kondang dan menarik perhatian berbagai kalangan. Keputusan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News