Zulkifli Hasan: Wanita Aceh, Pejuang Berjiwa Nasionalis

Zulkifli Hasan: Wanita Aceh, Pejuang Berjiwa Nasionalis
Ketua MPR Zulkifli Hasan saat kunjungan ke Aceh. Foto: istimewa

jpnn.com, ACEH - Perempuan Aceh harus menjadi role model bagi wanita Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Ketua MPR Zulkifli Hasan saat sosialisasi Empat pilar dihadapan Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) provinsi Aceh.

"Karena wanita-wanita Aceh menuruni tekad dan keberanian pejuang perempuan dari Aceh, dalam melawan penjajah. Mereka memiliki rasa nasionalisme, dan cinta tanah air yang patut dibanggakan," ujar Zulkifli di Pendopo gubernur Aceh, Senin (30/10).

Zulkifli mengatakan, para pejuang perempuan dari Aceh, seperti Cut Nyak Dien, Cut Mutia dan Laksamana Malahayati, berani mati untuk mempertahankan diri dari penjajahan.

Dia menegaskan keberanian dan siap berkorban demi bangsa dan negara, seperti yang ditunjukkan pejuang-pejuang perempuan Aceh, itu harus dicontoh dan diteruskan oleh seluruh perempuan demi kelangsungan bangsa dan negara Indonesia ke depan.

Di zaman sekarang, kata Zulkifli jiwa pemberani seperti pejuang perempuan Aceh bisa diwujudkan dalam bentuk yang lain, tidak melulu melakukan perang. Yaitu menjadi pelopor persatuan.

"Pancasila itu perilaku, bukan alat untuk mengotak-kotakkan kelompok dan golongan. Karena itu KPPI Aceh harus bisa menjadi pelopor bagi persatuan. Jangan sampai kita terpecah, dan diadu domba seperti zaman penjajah," pungkasnya. (adv/jpnn)


Banyak pahlawan pejuang wanita berasal dari Aceh


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News