Zulkifli: Petani Jangan Cuma Dimuliakan, tapi Disejahterakan

Zulkifli: Petani Jangan Cuma Dimuliakan, tapi Disejahterakan
Zulkifli Hasan. Foto: Humas MPR

jpnn.com, BANYUASIN - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengingatkan pemerintah agar profesi petani tidak hanya dimuliakan, tapi juga disejahterahkan.

Karena itu, Zulkifli mendukung langkah Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang sangat dekat dan membela nasib petani.

"Kami ingin petani tidak hanya dimuliakan, dan dijadikan pahlawan, tapi juga disejahterahkan," kata Zulkifli saat menghadiri panen raya padi di Kecamatan Air Saleh, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Senin (29/1).

Zulkifli pun menjelaskan, cara memuliakan petani adalah dengan tidak mengimpor beras. "Kalau lagi mau panen jangan impor beras," tegasnya.

Dia menegaskan, ketika ada panen, beras di dalam negeri surplus tentu yang dirugikan adalah petani. "Kalau harga turun kami bangkrut," sambut para petani mendengarkan pidato Zulkifli.

Menurut Zulkifli, ada hal yang perlu diluruskan di negeri ini. Yakni, ketika masa tanam harga cenderung naik. Tapi mengapa ketika masa panen harga justru turun.

"Ini hal yang harus diluruskan," tegasnya.

Karena itu, Zulkifli menegaskan mendukung upaya terus menerus yang dilakukan Presiden Joko Widodo dan jajaran dalam upaya menyejahterahkan petani.

Pemerintah bisa sejahterakan petani dengan tidak membuat kebijakan impor beras saat panen sedang melimpah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News