Zulkifli: Pilkada 2018 Pelajaran Bagi Partai

Zulkifli: Pilkada 2018 Pelajaran Bagi Partai
Ketua MPR Zulkifli Hasan saat diskusi di Masjid Ulil Albab UII, Yogyakarta, Kamis (7/6). Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengatakan hasil pilkada serentak 2018 tentu akan berpengaruh kepada pemilihan presiden (pilpres) 2019.

"Tentu akan berpengaruh, tergantung kombinasi capresnya dan partai pendukungnya seperti apa," kata Zulkifli gedung parlemen, Jakarta, Kamis (28/6).

Ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, hasil pilkada serentak 2018 juga merupakan salah satu faktor pengaruh penentuan koalisi di pilpres 2019.

"Jadi kan banyak faktor. Pilkada kemarin menunjukkan bahwa figur itu penting," ujarnya.

Dia menambahkan boleh saja tidak suka dengan partai. Tapi kalau menyukai figurnya, orang akan tetap memilih tanpa melihat asal partai. "Jadi, figur itu menentukan," tegasnya.

Zulkifli mengatakan pelajaran berharga yang bisa dipetik adalah bahwa calon yang diinginkan rakyat dan diputuskan partai harus sejalan.

"Tidak bisa juga mencalonkan wah saya partai besar jadi semau-maunya saya. (Itu) ditolak sama rakyat sekarang, dan itu pelajaran penting," jelasnya.

Lebih jauh Zulkifli mengapresiasi rakyat Indonesia khususnya di 171 wilayah yang menggelar pilkada serentak. Sebab, pilkada serentak 2018 ini bisa berjalan aman, tertib dan berhasil.

Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengatakan hasil pilkada serentak 2018 tentu akan berpengaruh kepada pemilihan presiden (pilpres)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News