Kata “Indonesia” Pertama Muncul Di Tempat Ini

Kata “Indonesia” Pertama Muncul Di Tempat Ini
Halaman 254 majalah ilmiah Indian Archipelago, volume IV, 1850. Perhatikan baris delapan dari bawah. Ini dia kemunculan pertama kata "Indonesia" di muka bumi ini. Foto: repro Wenri Wanhar/JPNN.com

jpnn.com - LOGAN barangkali tak pernah menyangka, kata-kata yang diciptakannya kemudian hari menjadi nama sebuah negara; Indonesia.

Wenri Wanhar – Jawa Pos National Network

Seorang perantau dari Skotlandia, James Richardson Logan (1819-1869) menerbitkan majalah ilmiah The Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia pada 1847. 

Motivasi Logan menerbitkan jurnal ini, sebagaimana termaktub dalam nomor pertama jurnal tersebut, sebagai gelanggang para ilmuwan dan petualang Eropa akan hipotesis temuan-temuan baru mereka di kepulauan Hindia.

Dalam perkembangannya, majalah yang berkedudukan di Singapura ini karib disebut Indian Archipelago saja, yang dalam bahasa melayu berarti kepulauan Hindia. 

Dua tahun kemudian, George Samuel Windsor Earl (1813-1865) ahli etnologi dari Inggris bergabung dalam jajaran redaksi majalah itu. 

Sebagai ahli etnologi, Earl mewarnai Indian Archipelago dengan menurunkan laporan tentang suku-suku, bahasa dan ragam budaya masyarakat di kepulauan Hindia. Pernah pula dia menulis perubahan karakter masyarakat dari maritim ke agraris.  

Seiring waktu, begitu memahami sedikit banyak kehidupan masyarakat di kepulauan Hindia, Earl menyimpulkan bahwa wilayah ini kurang tepat disebut Indian Archipelago--sebernama majalah itu. Tak sekadar mengkritik, dia pun memberi usulan:

LOGAN barangkali tak pernah menyangka, kata-kata yang diciptakannya kemudian hari menjadi nama sebuah negara; Indonesia. Wenri Wanhar – Jawa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News