Sabtu, 20 September 2014 | 23:01:58
Home / Internasional / Amerika / Pemkot New York Sebar Ribuan CCTV Supercanggih

Kamis, 09 Agustus 2012 , 15:44:00

BERITA TERKAIT

NEW YORK - Kepolisian New York Rabu (8/8) kemarin meluncurkan sistem kamera keamanan supercanggih. CCTV itu diklaim mampu memantau jalan-jalan kota dan menampilkan data para tersangka kejahatan pada saat bersamaan.

“Kamera CCTV berjuluk Sistem Kesadaran Domain yang dikembangkan oleh Microsoft tersebut merupakan suatu alat inovatif yang memiliki potensi untuk merevolusi upaya penegakan hukum, kegiatan intelijen dan operasi keselematan publik,” tulis keterangan resmi Kantor Wali Kota New York seperti dikutip AFP, Kamis (9/8).

Tidak seperti sistem kamera keamanan biasa, sistem baru yang dipasang pemerintah kota New York itu mampu secara langsung memberikan informasi kepada petugas pengendali tentang segala hal yang tertangkap CCTV.
“Sistem tersebut mengumpulkan dan menganalisa data keselamatan publik secara real time sehingga dapat memberikan data komprehensif mengenai potensi ancaman dan kegiatan kriminal kepada para analis dan penyelidik kepolisian,” sambung pernyataan tersebut.

Sebagai contoh, petugas yang melihat tersangka kejahatan melalui video live dapat langsung melihat catatan kejahatan si tersangka, daftar kasus kejahatan yang pernah dilakukan di area tersebut, serta data lain yang dapat menunjukan profil individu yang sedang diamati.

Mobil-mobil yang diduga milik seorang tersangka kejahatan juga dapat dianalisa sehingga penyelidik mengetahui ke mana saja mobil tersebut dipakai selama beberapa bulan ke belakang. Selain itu, sistem tersebut juga dapat me-rewind atau memutar kembali rekaman yang ada untuk mengetahui darimana sebuah paket yang dianggap mencurigakan berasal.

“Sistem ini sangat transformatif karena penciptaannya dilakukan oleh petugas polisi dan digunakan untuk polisi,” kata komisaris polisi New York, Ray Kelly.

Wali Kota New York, Michael Bloomberg mengatakan sistem tersebut menggunakan software canggih yang memungkinkan polisi mengakses secara cepat beragam informasi dari kamera keamanan, telepon darurat dan laporan kejahatan lainnya.

Sekitar 3.000 kamera dikabarkan terintegrasi dengan Domain Awareness System. Kebanyakan dari kamera-kamera tersebut berada di distrik bisnis dan finansial Manhattan, yang menjadi lokasi belasan pencakar langit di New York. Meski demikian sistem keamanan canggih ini saat sedang dalam proses instalasi di berbagai daerah di metropolis tersebut.(AFP/ara/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar