Kamis, 23 Oktober 2014 | 06:07:11
Home / Berita Daerah / Jateng / Crew PT KAI Cek Narkoba

Sabtu, 11 Agustus 2012 , 13:24:00

BERITA TERKAIT

PURWOKERTO--Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Kesehatan PT KAI Daops 5 Purwokerto menggelar inspeksi mendadak pengecekan narkoba ke seluruh crew PT KAI Daop 5 Purwokerto di Stasiun Purwokerto, Jumat (10/8).  Pengecekan narkoba ini dilakukan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada seluruh karyawan PT KAI Daop 5 Purwokerto. 

"KIta melakukan sidak pengecekan narkoba kepada seluruh crew tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Ini semua biar benar-benar diketahui secara alami. Ini pula sebagai langkah antisipasi pengunaan narkoba pada saat pelaksanaan masa angkut lebaran 2012 PT Kai Daerah operasional (Daops) 5 Purwokerto," ujar dr Shinta Kepala Unit Pelaksana Teknis KesehatanaPT KAI Daops 5 Purwokerto kemarin.

Dia menambahkan, pagi kemarin melakukan pemeriksaan mendadak kepada crew kereta api yang melintas di Stasiun Purwokerto. Sidak pengecekan narkoba terutama menyasar ke masinis dan asisten masinis yang akan menjalankan kereta api sekaligus kondekturnya. Kemarin, para crew kereta api yang melewati stasiun kereta api diturunkan dan diperiksa urine serta rambut guna mengetahui kadar narkoba dalam tubuh para crew.

Sidak ini, ditujukan guna memberikan kenyamanan, dan keselamatan penumpang terutama pada saat masa angkut lebaran. Dikatakan oleh shinta, pada hari ini pemeriksaan kepada crew kereta api sebanyak 50 orang. Mereka yang diperiksa rata-rata adalah masinis, asisten masinis dan kondektur.

Manager Humas PT KAI Daops 5 Purwokerto Surono mengatakan, jumlah masinis yang ada di Daops 5 Purwokerto sebanyak 150 orang. Dirinya menegaskan, tidak mentolerir karyawan Daops 5 Purwokerto mengkonsumis narkoba. Jika dari hasil pemeriksaan terdapat crew yang terbukti positif menggunakan narkoba, maka akan dberi sanksi. Termasuk bisa sanksi pemecatan.  

"Selain pemeriksaan narkoba, kami juga melakukan pemeriksaan rutin kesehatan crew kereta api yang akan berangkat menjalankan KA. Jika tidak sehat, maka crew dilarang menjalankan kereta api," tandas dia.

Sementara, menjelang Lebaran, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto, siap meluncurkan kereta tujuan Purwokerto-Yogyakarta 14 Agustus mendatang. KA yang diberi nama Maguwo Eskpres tersebut melayani konsumen Purwokerto, Cilacap dan kota-kota di wilayah Daop 5  menuju Yogyakarta. Surono mengungkapkan peluncuran KA tersebut masih dimatangkan kepastiannya. (ttg/ali/acd)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar