50 Ribu Pemilih Aceh Berada di Daerah Terisolir

50 Ribu Pemilih Aceh Berada di Daerah Terisolir
50 Ribu Pemilih Aceh Berada di Daerah Terisolir

jpnn.com - SEKITAR 50 ribu pemilih disejumlah kabupaten/kota di Aceh, berada di daerah terisolir. Akibatnya, pihak penyelenggara pemilu harus melewati laut dengan menggunakan boat untuk mendistribusikan logistik pemilu. Beberapa daerah yang terisolir adalah Pulau Aceh, Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Simuleu.   

Selain itu di Kabupaten Aceh Utara, ada ratusan warga di tiga dusun di Gampong Leubok Pusaka, Kecamatan Langkahan yang harus menggunakan boat melewati Krueng Ara Kundo menuju ke TPS di Dusun Bidari gampong setempat. Tentunya, hak pilih mereka akan terancam hilang jika kondisi arus sungai tidak memungkinkan menuju ke TPS dengan boat.  
 
Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Ridwan Hadi yang dikonfirmasi Rakyat Aceh (JPNN Group) di Lhokseumawe, kemarin, juga menbenarkan ada sekitar 50 ribu pemilih di Aceh yang berada di daerah terisolir. Namun, untuk proses distribusi surat suara ke daerah tersebut tidak menjadi kendala.
 
"Ada pulau Aceh yang untuk menuju ke sana harus melewati laut dengan boat untuk mendistribusikan surat suara dan logistik pemilu lainya. Tapi tidak menjadi kendala dilapangan," terangnya.
 
Menurut dia, selama ini pihaknya dari KIP juga sudah merekrut relawan demokrasi dalam rangka memberikan sosialisasi kepada masyarakat pemilih. "Jadi saya rasa tidak menjadi masalah lagi, termasuk penempatan lokasi TPS berada ditempat aman dan mudah dijangkau oleh masyarakat pemilih," jelasnya. (arm)


SEKITAR 50 ribu pemilih disejumlah kabupaten/kota di Aceh, berada di daerah terisolir. Akibatnya, pihak penyelenggara pemilu harus melewati laut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News