Facebook Sediakan Fitur Baru untuk Ketahui Lokasi Teman

Facebook Sediakan Fitur Baru untuk Ketahui Lokasi Teman
Foto: The Age

jpnn.com - FACEBOOK terus mengembangkan layanan bagi para penggunanya. Rencananya, laman jejaring sosial itu akan menambah fasilitas bernama Nearby Friends yang memungkinkan pengguna Facebook dalam versi mobile untuk menemukan teman di lokasi terdekat.

Nantinya fitur Nearby Friends bakal bisa dipasang pada smartphone dengan sistem operasi  Android maupun iOS. Fitur baru Facebook itu akan diluncurkan di Amerika Serikat dalam beberapa pekan mendatang. Namun, belum ada penjelasan lebih lanjut kapan fitur baru itu akan diluncurkan di luar AS.

“Jika anda menyalakan Nearby Friend, kadang-kadang anda mendapat notifikasi posisi teman dalam jarak terdekat. Jadi anda bisa berhubungan dan bertemu mereka,” ujar Manajer Produksi Facebook, Andrea Vaccari  dalam laman perusahaan sebagaimana dikutip The Age, Jumat (18/4).

Sebagai gambaran, ketika Facebooker sedang menuju gedung bioskop maka Nearby Friends akan memberi tahu bahwa ada teman sesama pengguna Facebook dalam jarak terdekat. “Jadi anda dapat melihat film bersama atau bertemu setelahnya.”

Namun, Facebook sudah memastikan aplikasi itu hanya untuk pengguna dengan usia di atas 18 tahun. Hal itu sebagai antisipasi atas kekhawatiran bahwa Nearby Friends akan mengganggu privasi penggunanya.

Facebook memang sudah sering berurusan dengan lembaga pengawas karena membuat fitur baru atau mengubah setingan yang secara otomatis mengekspos informasi tentang penggunanya. Karenanya aplikasi Nearby Friends hanya bisa diaktifkan secara manual dan ada persetujuan dari dua pihak pengguna Facenbook untuk mengetahui lokasi masing-masing.

Pengguna Nearby Friends juga bisa memilih dengan siapa berbagi lokasi dan berapa lama informasi tentang keberadaan mereka bisa diketahui. Jadi ketika Nearby Friends dinyalakan, setiap teman di Facebook yang menggunakan aplikasi itu akan mendapat notifikasi bahwa lokasi mereka berdekatan.(ara/jpnn)

 


FACEBOOK terus mengembangkan layanan bagi para penggunanya. Rencananya, laman jejaring sosial itu akan menambah fasilitas bernama Nearby Friends


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News