Demam ALS Ice Bucket Challenge

Demam ALS Ice Bucket Challenge
SHIRTLESS: Dua pemain basket Aspac Jakarta yang diguyur seember air es, Oki Wira Sanjaya (kiri) dan Rizky Effendi. (Wahyudin/Jawa Pos)

jpnn.com - Mengguyur seember air es ke atas kepala tidak pernah semenarik ini. Tapi, lewat program galang dana amal ALS Ice Bucket Challenge, aksi ini menjadi mendunia. Dari Amerika sampai India, dari George W. Bush hingga Abhishek Bachchan. Inilah tren yang mewabah hebat sepekan ini.

* * *

MENURUT analis data Facebook, hingga kemarin (22/8) ada 28 juta pengguna situs pertemanan itu yang membicarakan ice bucket challenge. Sebanyak 2,4 juta di antaranya berbagi video tantangan. Itu hanya angka Facebook. Belum terhitung aksi yang hanya diunggah di YouTube dan media sosial lain.

Aksi ini bermula dari seorang bintang lapangan di Boston College Baseball, Pete Frates, yang didiagnosis menderita amyotrophic lateral sclerosis (ALS) pada 2012. Dia dan sahabatnya, Correy Griffin, 28, menggagas ice bucket challenge untuk meningkatkan kepedulian publik sekaligus mau berdonasi untuk para penyandang penyakit saraf motorik yang juga dikenal dengan lou gehrig disease itu.

Cara ini kemudian diadopsi ALS Association, AS, untuk menggalang dana. Dimulai pada 29 Juli, dalam minggu-minggu ini aksi tersebut begitu terasa sejak tantangan ditujukan kepada para selebriti, atlet, politikus, geeks, dan pesohor dunia di berbagai bidang. Dari Boston, aksi ini meluas menuju kota-kota besar lain di dunia.

Tidak ada aturan siapa yang harus ditantang, kenal atau tidak. Jadi, kapan lagi bisa menantang sang idola dan melihat ekspresi mereka diguyur seember air es. Selain untuk aksi sosial, menarik sekali melihat mimik ngeri dan kedinginan yang tidak dibuat-buat dari wajah-wajah superganteng seperti Zac Efron, Robert Pattinson, atau Justin Bieber. Ekspresi ini bonus T-shirt basah mereka yang memperlihatkan badannya yang bagus.

’’Robert Pattinson melakukan ice bucket challenge dan pakai kaus putih. Aku hampir saja mati dibuatnya, tapi aku mau bangkit lagi untuk memberi tahu kalian semua, He’is so HOT,’’ kata seorang fans Pattinson, Tabitha, lewat akun Twitter @katycatobsessed.

Tantangan bagi selebriti pria makin gila dengan bumbu-bumbu agar mereka mau memakai kaus putih tipis, bahkan shirtless. ’’@zaynmalik hii. Bisakah kau melakukan ice bucket challenge hanya memakai kaus putih tipis dan celana pendek. Atau mungkin lakukan dengan shirtless :),’’ kicau Roshii, gadis pemilik akun @vanloveniall, untuk personel One Direction Zayn Malik.

Mengguyur seember air es ke atas kepala tidak pernah semenarik ini. Tapi, lewat program galang dana amal ALS Ice Bucket Challenge, aksi ini menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News