Aktivitas Menurun, Gunung Slamet Tetap Siaga

Aktivitas Menurun, Gunung Slamet Tetap Siaga
Aktivitas Menurun, Gunung Slamet Tetap Siaga

jpnn.com - JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan Gunung Slamet masih menunjukkan status siaga hingga Selasa (16/9) sore. Meski begitu, aktivitas gunung yang terletak di Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Tegal, Pemalang, dan Brebes menurun.

"Status Gunung Slamet masih tetap siaga," kata Kepala Pusat data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Sutopo mengatakan kondisi terakhir pun masih belum menunjukkan perbedaan signifikan. "Tidak ada kegempaan, tidak ada asap putih," katanya.  Sebelumnya, pada Senin (15/9) lalu aktivitas Gunung Slamet sempat menunjukkan penurunan hingga hari ini setelah sebelumnya meletus pada Jumat (12/9). 

Berdasarkan pemantauan dari stasiun pengamatan Gunung Slamet, PVMBG Badan Geologi, sejak Minggu (14/9) hingga saat Senin tidak terlihat adanya asap hitam yang keluar dari kawah. "Aktivitas kegempaan pun juga menurun," kata Sutopo. 

Meski demikian, masyarakat dan lima pemda di sekitar Gunung Slamet telah siap menghadapi kondisi yang terburuk. "Apalagi watak Gunung Slamet memang tidak seganas Gunung Merapi dan Gunung Kelud," katanya. (ant/ma)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan Gunung Slamet masih menunjukkan status siaga hingga Selasa (16/9) sore. Meski begitu,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News