Pemkot Tegal Masih Butuh 2 Ribu Pegawai

Pemkot Tegal Masih Butuh 2 Ribu Pegawai
Pemkot Tegal Masih Butuh 2 Ribu Pegawai

jpnn.com - TEGAL – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal tahun ini akan mendapat lebih dari 60 pegawai baru melalui seleksi CPNS formasi umum. Kendati demikian, untuk menunjang dan memaksimalkan visi pelayanan prima yang diusung wali kota, Pemkot kekurangan sekitar 2.000 orang PNS.

Kepala Badan Kepegawian Daerah (BKD) Kota Tegal Irkar Yuswan Apendi mengatakan, jumlah ideal pegawai yang dibutuhkan untuk mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat sebanyak 6.430 orang.  Saat ini, Pemkot Tegal hanya memiliki 4.220 PNS.

”Masih ada kesenjangan jumlah pegawai,” katanya kemarin.

Irkar tak menampik tahun ini akan bertambah jumlah pegawai yang direkrut melalui CPNS formasi umum 2014. Namun, sambung dia, formasi yang diberikan Kemenpan RB dan BKN hanya 66 formasi. Itu pun, terdapat dua formasi yang kosong atau tidak ada pelamarnya, yakni dokter spesialis paru dan radiologi.

”Kalau formasi yang diperoleh segitu, kekurangan pegawai akan teratasi kapan?,” katanya menanyakan.

Seharusnya, imbuh dia lagi, apabila kekurangan pegawai ingin teratasi, setiap tahun harus ada rekrutmen CPNS sebanyak 450-an orang.

”Itu juga belum sepenuhnya bisa menutup kekurangan. Sebab, ada pegawai yang pensiun atau meninggal dunia,” tegasnya.

Ditanya penyebab kurangnya pegawai? Irkar menguraikan, salah satu faktornya selama tiga tahun lalu, Pemkot tidak melakukan rekrutmen CPNS lantaran aturan moratorium. Selain, banyaknya pegawai yang memasuki masa pensiun setiap tahunnya. Adapun kekurangan jumlah pegawai ini, menurut dia dialami oleh hampir semua SKPD.

TEGAL – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal tahun ini akan mendapat lebih dari 60 pegawai baru melalui seleksi CPNS formasi umum. Kendati demikian,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News