Putra Jenderal Soedirman tentang Adipati Dolken: Bapak ya Seperti Ini

Putra Jenderal Soedirman tentang Adipati Dolken: Bapak ya Seperti Ini
Adipati Dolken (tengah) saat konferensi pers film Jenderal Soedirman, Selasa (20/1). Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos

jpnn.com - FILM tentang pahlawan Indonesia yang berjudul Jenderal Soedirman, segera diproduksi.

Sutradara film itu, Viva Westi, 42, menjanjikan film ini menggugah semangat dan menguak fakta baru tentang sejarah Indonesia setelah kemerdekaan RI zaman itu.

Film tersebut mengangkat kisah Soedirman mulai 1945 hingga 1948, berawal saat Belanda mengingkari perjanjian Renville. Soekarno-Hatta diasingkan Belanda. Sementara itu, Soedirman dan dokter pribadinya berhasil kabur dan mendirikan markas sementara di Desa Sobo, Grobogan.

’’Film ini menitikberatkan bahwa gerilya Pak Soedirman itu bisa berhasil karena didukung rakyat,’’ tutur Westi ketika ditemui di syukuran film Jenderal Soedirman di Balai Soedirman, Tebet, Jakarta, Selasa (20/1).

Perempuan yang menyutradarai film Rayya itu menyatakan, film tersebut penuh tantangan. Dia tidak boleh salah cerita. Apalagi, film itu diproduksi mabes TNI-AD. Westi menggandeng aktor Adipati Dolken sebagai pemeran utama, Mathias Muchus sebagai Tan Malaka, Lukman Sardi sebagai Yusuf Ronodipuro, Ibnu Jamil sebagai Kapten Tjokropanolo, Nugie sebagai Hatta, dan Baim Wong sebagai Soekarno.

’’Memilih Adipati sendiri nggak gampang. Pak Soedirman itu ganteng lho. Beda sama foto-foto yang biasanya beredar itu. Saya langsung ke Pak Teguh (Mohamad Teguh Bambang Tjahjadi, anak bungsu Soedirman, Red). Pak, ini lho pemain saya. Katanya, ini Bapak. Bapak ya seperti ini,’’ ujarnya.

Adipati merasa bangga dipercaya memainkan karakter tokoh besar seperti Jenderal Soedirman. Dia menyatakan banyak mencari referensi dan berbincang dengan putra bungsu Soedirman untuk mendalami karakternya. Bahkan, menurut Adi, Teguh tidak sekadar memberikan masukan, tetapi juga meminjamkan CD perjuangan ayahnya.

Saat ini Adipati sudah menyelesaikan latihan khusus dengan Kopassus (Komado Pasukan Khusus) di Situ Lembang selama delapan hari. Dia dan beberapa pemain lain harus ditempa secara fisik dan mental.

FILM tentang pahlawan Indonesia yang berjudul Jenderal Soedirman, segera diproduksi. Sutradara film itu, Viva Westi, 42, menjanjikan film ini menggugah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News