Soputan Meletus, Tinggi Letusannya Capai 4,5 Km

Soputan Meletus, Tinggi Letusannya Capai 4,5 Km
Soputan Meletus, Tinggi Letusannya Capai 4,5 Km

jpnn.com - GUNUNG Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, kembali meletus pada Sabtu (7/3) sore, tepatnya pukul 17.09 Wita.

"Tinggi letusan mencapai 4.500 meter (4,5 kilometer) condong mengarah ke bagian Tenggara," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan, Sabtu malam (7/3).

Informasi yang disampaikan Sutopo ini berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi-Badan Geologi. Masih berdasarkan laporan PVMBG Badan Geologi, lanjut Sutopo, awan panas akibat letusan ini menuju ke arah Barat dengan jarak luncur lebih kurang 2.500 meter.

Abu vulkanik sendiri menyebar tipis di beberapa wilayah di Kecamatan Silian Raya, Touluaan, Tombatu dan sebagian di Kecamatan Pasan dan Rataha di Kabupaten Minahasa Tenggara.

"Status tetap Siaga (level 3). Tidak ada pengungsian karena permukiman terdekat berjarak 8 km," tandas Sutopo.(ysa/rmol/jpnn)


GUNUNG Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, kembali meletus pada Sabtu (7/3) sore, tepatnya pukul 17.09 Wita. "Tinggi letusan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News