Temukan 3 Manfaat Hidroterapi Bagi Kesehatan Anda

Temukan 3 Manfaat Hidroterapi Bagi Kesehatan Anda
Rasakan 3 Manfaat Hidroterapi Bagi Kesehatan Anda

jpnn.com - JPNN.com - Penggunaan air sebagai media terapi atau hidroterapi memang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Selain cedera, gangguan encok, rematik, dan saraf bisa dipulihkan. Air hangat yang digunakan untuk terapi membuat sirkulasi darah lancar. Kondisi psikologis pun lebih rileks.

Dokter Rr Anasthasia T.S. SpKFR, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan, Surabaya, Jawa Timur menjelaskan bahwa ada banyak bukti dan pasien yang merasakan manfaat hidroterapi. Efeknya, penyakit sembuh atau keluhan berkurang.

Dasar utama penggunaan air hangat untuk pengobatan adalah efek hidrostatis dan hidrodinamis. Secara ilmiah, air hangat berdampak fisiologis bagi tubuh.

Pertama, berdampak pada pembuluh darah. Suhu panas air akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Kedua, faktor pembebanan dalam air akan menguatkan otot-otot dan ligamen yang memengaruhi sendi-sendi tubuh. Tak heran, pasien dengan gangguan encok dan rematik sangat baik bila diterapi air hangat.

“Ketiga, latihan dalam air berdampak positif bagi otot jantung dan paru-paru. Latihan di dalam air membuat sirkulasi pernapasan menjadi lebih baik,” tutur Anasthasia kepada Radar Surabaya (Grup JPNN.com), Minggu (26/4).

Efek hidrostatis dan hidrodinamis pada terapi tersebut juga membantu menopang berat badan saat latihan jalan. Selain hal-hal positif di atas, air yang bersuhu 32 hingga 34 derajat Celsius memengaruhi oksigenisasi jaringan sehingga dapat mencegah kekakuan otot, mampu menghilangkan rasa nyeri, menenangkan jiwa, dan merilekskan tubuh.

Penyakit yang biasanya sembuh melalui hidroterapi adalah cedera. Pengaruh daya apung air membuat beban terhadap sendi tubuh berkurang. Selain itu, suhu air yang hangat akan meningkatkan kelenturan jaringan.

JPNN.com - Penggunaan air sebagai media terapi atau hidroterapi memang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Selain cedera, gangguan encok,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News